EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VII DI SMPN 6 BANJARMASIN

Djaitun, Ali Permadi (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VII DI SMPN 6 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (581kB) | Preview

ABSTRAK

Pendidikan merupakan pondasi utama dalam mengembangkan peradaban sejak lahirnya manusia di dunia ini. Maka salah satu permasalahan pembangunan yang cukup mendapat perhatian pemerintah Indonesia adalah masalah pendidikan, sebab dibidang inilah kader-kader bangsa dibina dan dikembangkan ilmunya agar dapat meneruskan cita-cita bangsa. Salah satunya penerapan kurikulum, seperti kurikulum 2013 yang menekankan pada dimensi pedagogic modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik appoach). Pendekatan saintifik ini di rancang untuk menciptakan generasi yang kreatif dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Pokok permasalahan dalam penilitian ini adalah bagaimana Penerapan Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas VII di SMPN 6 Banjarmasin serta faktor yang mempengaruhi terhadap pelaksanaan pendekatan tersebut. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 2 (dua) orang guru mata pelajaran PAI dan siswa di kelas VII (tujuh) di SMPN 6 Banjaramasin. Adapun objek dalam penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas VII Di SMPN 6 Banjaramasin. Untuk pengumpulan data dilapangan penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumenter. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk pemaparan, kemudian dianalisis secara deskriftif kualitatif yang pada akhirnya ditarik kesimpulan dengan metode induktif. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa para guru sudah melaksanakan tugasnya terutama dalam penerapan pembelajaran PAI dengan menggunakan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Penerapan pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI siswa kelas VII dari segi perencanaan pembelajaran telah dibuat oleh guru yang memegang mata pelajaran PAI jauh-jauh hari sebelum waktu pelaksanaan, karena perencanaan pembelajaran itu sangat penting sebelum memulai pembelajaran dikelas. Materi yang diberikan disesuaikan dengan RPP yang telah dibuat. Metode dan media relevan dengan materi yang disampaikan. Sementara evaluasi yang dilaksanakan pada saat berlangsungnya dan berakhirnya kegiatan pembelajaran sudah terlaksana, hanya saja tidak sesuai dengan apa yang diharapkan guru dikarenakan terhambat oleh waktu jam pelajaran yang kurang.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 09 Jul 2015 03:10
Last Modified: 09 Jul 2015 03:10
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item