EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Muhammadiyah Se-Kota Banjarmasin

Lailatul, Isnainah (2015) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Muhammadiyah Se-Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (554kB) | Preview

ABSTRAK

Lailatul Isnainah: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMK Muhammadiyah Se-Kota Banjarmasin, di bawah bimbingan (I) Dr. Nuril Huda, M.Ag. dan (II) Dr. Ani Cahyadi, M.Pd. Tesis, Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2015 Kata Kunci: Pembelajaran, Teknologi informasi dan teknologi dan Pendidikan Agama Islam. Dewasa ini dunia pendidikan agama khususnya pendidikan agama Islam, dihadapkan pada berbagai masalah yang sangat kompleks. Keadaan tersebut dapat diatasi guru dengan penggunaan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa, seperti penggunaan komputer sebagai media dalam pembelajaran PAI berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana persiapan guru PAI dalam perencanaan pembelajaran PAI berbasis TIK ? (2) Bagaimana kemampuan guru PAI dalam mengoperasionalkan komputer dan internet sebagai media pembelajaran PAI berbasis TIK? (3) Bagaimana pembelajaran PAI berbasis TIK? (4) Apa problematika guru PAI dalam proses pembelajaran PAI berbasis TIK? Dan (5) Bagaimana upaya guru PAI dalam mencari solusi dari problematika proses pembelajaran PAI berbasis TIK di SMK Muhammadiyah se kota Banjarmasin? Metode yang dipakai dalam analisis data ini adalah deskriptif kualitatif, sedangkan dalam penarikan kesimpulan menerapkan metode induktif yaitu menggunakan data-data yang bersifat umum kemudian dibuat kesimpulan yang bersifat khusus. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Seluruh guru PAI di SMK Muhammadiyah se-kota Banjarmasin sudah membuat dengan baik perencanaan pembelajaran berbasis TIK. (2) Sebagian guru PAI di SMK Muhammadiyah se-kota Banjarmasin sudah memiliki kemampuan cukup baik dalam mengope-rasionalkan komputer dan internet. (3) Pembelajaran PAI berbasis TIK di SMK Muhammadiyah se-kota Banjarmasin belum dilaksanakan secara maksimal, karena 2 SMK Muhammadiyah belum menerapkan pembelajaran PAI berbasis TIK secara maksimal dan hanya 1 SMK Muhammadiyah yang sudah menerapkan pembelajaran berbasis TIK. (4) Problematika pembelajaran PAI berbasis TIK di SMK Muhammadiyah se-Kota Banjarmasin adalah jumlah LCD yang masih kurang dan belum terpasang di ruang kelas, pemadaman listrik pada waktu pembelajaran dan adanya guru PAI yang belum memiliki kemampuan dalam menggunakan internet. (5) Upaya yang dilakukan Guru PAI untuk mengatasi problematika adalah memohon kepada kepala sekolah untuk menambah jumlah LCD dan memasangnya di ruang kelas, membeli mesin genset dan guru yang belum mampu menggunakan internet adalah berusaha menambah pengetahuan dengan mengikuti pelatihan-pelatihan, mempelajari TIK melalui buku-buku dan belajar kepada yang lebih ahli di bidang TIK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 07 Sep 2015 11:27
Last Modified: 07 Sep 2015 11:27
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1761

Actions (login required)

View Item View Item