EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa Melalui Media Word Cards Pada Kelas IV MIN Jambu Raya Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar

Khiruddin, Fahmi (2011) Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa Melalui Media Word Cards Pada Kelas IV MIN Jambu Raya Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (102kB) | Preview

ABSTRAK

Fahmi Khairuddin, 2011. Upaya Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Siswa Melalui Media Word Cards Pada Kelas IV MIN Jambu Raya Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Tadris Bahasa Inggris, pembimbing I Dra. Hj. Nida Mufidah, M. Pd, pembimbing II Dra. Andi Irlina, M. Hum Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena adanya beberapa masalah yang dihadapi baik oleh guru maupun oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Dalam belajar bahasa Inggris siswa harus menguasai empat keterampilan berbahasa, yaitu: keterampilan mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca (reading) dan menulis (writing), salah satu komponen yang sangat menentukan adalah pengggunaan media sebagai sarana untuk memahamkan berbagai kosa kata untuk memahami pembelajaran bahas Inggris. Memperhatikan keadaan di atas, permasalahan yang ada saat ini adalah kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa inggris, belum ditemukannya strategi pembelajaran yang tepat. Dan rendahnya kualitas mata pelajaran bahasa inggris.Maka dengan ini permainan kartu kata atau word card sebagai salah satu media pembelajaran bahas Inggris. Berdasarkan latar belakang dan identifikasi permasalahan, maka yang menjadi rumusannya adalah bagaimana menerapkan peningkatan motivasi belajar kosa kata melalui media word cards ? dan apakah penggunaan media word cards dapat meningkatkan minat belajar siswa ? Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambu Raya Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar untuk mata pelajaran bahasa Inggris di kelas IV. Penelitian ini dilakukan melalui tiga (3) siklus untuk melihat hasil belajar dan aktivitas siswa dalam mengikuti pelajaran kosa kata bahasa inggris melalui media word cards. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan peneliti sendiri sebagai guru bahasa Inggris. Adapun Sumber data dalam penelitian ini bersumber dari beberapa sumber, diantaranya adalah siswa, guru, dan teman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan diskusi. Adapun hasil pengamatan, observasi yang penulis laksanakan selama 3 siklus dalam penggunaaan word card untuk peningkatan kosa kata dalam pembelajaran bahas Inggris dengan hasil sangat signifikan dan ada peningkatan dari nilai dan penambahan kosa kata. Maka dengan demikian word card atau permainan kartu kata dapat digunakan untuk meningkatkan penguasaan siswa dalam membuat, membaca, mendengar dan menulis kosa kata dalam bahasa Inggris sesuai dengan pokok bahasan yang diajarkan. Permainan ini dapat juga meningkatkan gairah belajar bahasa Inggris siswa sehingga tidak ada kejenuhan dalam pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:54
Last Modified: 01 Sep 2015 08:54
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1690

Actions (login required)

View Item View Item