EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penggunaan Media Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V di SDIT UKhuwah Banjarmasin

al Rohman, Ardiani (2015) Penggunaan Media Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas V di SDIT UKhuwah Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (232kB) | Preview

ABSTRAK

Penggunaan Media pembelajaran tematik merupakan pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kepada siswa. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam proses belajar secara aktif, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media pada pembelajaran Tematik kelas siswa kelas V di SDIT Ukhuwah Banjarmasin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penggunaan media pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field reseach), metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas V dan penggunaan media pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SDIT Ukhuwah Banjarmasin sebagai objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan disini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian mengenai penggunaan media pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SDIT Ukhuwah Banjarmasin. Penggunaan media pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin belum dilakukan secara optimal. Karena tidak semua proses belajar mengajar telah dilakukan pemilihan media. Dalam pemilihan dan penggunaan media di sekolah ini masih belum tepat dengan kriteria dan hal-hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan media pada pembelajaran tematik siswa kelas V di SDIT Ukhuwah Banjarmasin adalah Faktor latar belakang pendidikan guru yang berasal dari jurusan pendidikan biologi, Keterampilan guru yang cukup baik dalam membuat dan menggunakan media pada pembelajaran tematik. Semua materi pembelajaran tematik menggunakan media pembelajaran, Kurangnya waktu yang tersedia dalam pembelajaran tematik, serta Minat siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 08 Jul 2015 13:25
Last Modified: 08 Jul 2015 13:25
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item