EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peningkatan Kemampuan Praktik Shalat Fardhu Melalui Pemberian Reward dan Punishment Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cempaka Putih Banjarmasin Tengah

Kartasiah, Kartasiah (2009) Peningkatan Kemampuan Praktik Shalat Fardhu Melalui Pemberian Reward dan Punishment Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cempaka Putih Banjarmasin Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (121kB) | Preview

ABSTRAK

Kartasiah. 2009. Peningkatan Kemampuan Praktik Shalat Fardhu Melalui Pemberian Reward dan Punishment Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cempaka Putih Banjarmasin Tengah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. H. Syarifuddin Syukur, MA., (II) Dra. Hj. Ikta Yarliani, M.Pd Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam praktik shalat fardhu pada mata pelajaran fiqih. Dengan strategi pemberian reward dan punishment diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melaksanakan praktik shalat fardhu dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran. Desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan strategi pemberian reward dan punishment dalam rangka meningkatkan kemampuan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cempaka Putih Banjarmasin Tengah. Rumusan masalah dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah penerapan penerapan pembelajaran fiqih dengan pemberian reward dan punishment dalam meningkatkan kemampuan siswa melaksanakan praktik shalat fardhu di kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cempaka Putih Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Cempaka Putih Banjarmasin Tengah pada semester II tahun pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 11 orang siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara, diskusi antar guru dan studi dokumentasi. Setelah pembelajaran dilaksanakan dengan strategi pemberian reward dan punishment dalam rangka meningkatkan kemampuan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran fiqih diperoleh hasil sebagai berikut: kegiatan guru dalam pembelajaran berjalan efektif dengan persentasi rata-rata siklus I sebesar 92% dan siklus II mencapai 100%, rata-rata keseluruhan adalah 97%. Kemampuan praktik shalat fardhu siswa mengalami peningkatan sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dilihat dari tes hasil belajar siswa siklus I dengan rata-rata nilai cukup baik dan pada siklus II dengan rata-rata nilai baik. Hal ini sudah memenuhi syarat ketuntasan belajar yang ditetapkan kurikulum fiqih. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam praktik shalatfardhu dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan strategi pemberian reward dan punishment pada mata pelajaran fiqih. Meningkatnya kemampuan siswa dalam praktik shalat fardhu mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran oleh karena itu strategi pembelajaran ini sangat baik untuk digunakan dalam setiap pembelajaran untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dan berjalan dengan maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:51
Last Modified: 01 Sep 2015 08:51
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1663

Actions (login required)

View Item View Item