EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Usaha Meningkatkan Hafalan Surah-Surah Pendek Al-Qur’an Melalui Metode Reward dan Punishment Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teluk Dalam 3 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin

Hj. Atmawati, Hj. Atmawati (2009) Usaha Meningkatkan Hafalan Surah-Surah Pendek Al-Qur’an Melalui Metode Reward dan Punishment Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teluk Dalam 3 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (125kB) | Preview

ABSTRAK

Hj. Atmawati. 2009. “Usaha Meningkatkan Hafalan Surah-Surah Pendek Al-Qur’an Melalui Metode Reward dan Punishment Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Teluk Dalam 3 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. Muhammad Assaid, M. Pd. I (II) Dra. Hj. Nurjannah Rianie, M. Ag. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan kurangnya kemampuan siswa menghafal surah-surah pendek. Untuk itu direncanakan tindakan kelas dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa menghafal surah-surah pendek melalui metode reward dan punishment. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam menerapkan pembelajaran melalui metode reward dan punishment pada pembelajaran menghafal surah-surah pendek dilakukan dengan dua cara pengamatan, yaitu 1) Pengamatan langsung yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran melalui metode reward dengan materi menghafal surah al-Fiil dan al-Ma’un. 2) Pengamatan partisipasi yang dilakukan oleh guru sejawat untuk mengamati kegiatan pembelajaran 2 x (2 x 35 menit) siklus pertama dan siklus ke dua sesuai tahapan-tahapan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan refleksi hasil tindakan kelas siklus I dan siklus II penelitian ini, diperoleh data : a) Hasil observasi teman sejawat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti siklus I dan II diperoleh prosentasi rata-rata 92,75. b) Hasil observasi teman sejawat terhadap aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar siklus I dan II diperoleh prosentasi rata-rata 74,45%. c) Hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I nilai rata-rata yaitu 7,08 di bawah indikator ketuntasan belajar, kemudian meningkat pada siklus II nilai rata-rata menjadi 7,53 di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya. d) Hasil kuesioner tentang sikap siswa terhadap pernbelajaran menghafal surah-surah pendek melalui metode reward, siswa yang menjawab sangat setuju 29,41 %, setuju 70,59 %, kurang setuju 0 %, dan tidak setuju 0%. Dari beberapa temuan tersebut, maka pernbelajaran dengan menggunakan metode reward dan punishment dapat dijadikan salah satu model pernbelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa menghafal surah-surah pendek sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:50
Last Modified: 01 Sep 2015 08:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1660

Actions (login required)

View Item View Item