EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas II Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pelaihari

Khadijah, Siti (2009) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas II Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pelaihari. Skripsi, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (220kB) | Preview

ABSTRAK

Siti Khadijah. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas II Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pelaihari. PTK, Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : (I) Drs. H. Hamdan, M.Pd, (II) Dra. Raihanatul Jannah, M.Pd Penelitian Tindakan Kelas ini berangkat dari latar belakang rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Dalam kegiatan pembelajaran, materi pelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa rendah, baik pada proses maupun pada produknya. Sebagian guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Penelitian Tindakan Kelas yang mengambil lokasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pelaihari ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pelaihari melalui pendekatan kooperatif tipe TGT. Penelitian ini dilaksanakan 3 (tiga) siklus setiap siklus terdiri dari 1 (satu) kali pertemuan. Siklus I membahas materi pokok kedudukan dan peran anggota keluarga. Siklus II membahas materi pokok pengalaman melaksanakan peran dalam keluarga. Siklus III membahas materi pokok kerja sama di lingkungan tetangga. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe TGT dapat secara langsung meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pelaihari. Data hasil penelitian ini berupa data kuantitatif diperoleh dari tes hasil belajar siswa selama proses pembelajaran. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi selama proses pembelajaran. Subyek penelitian adalah siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pelaihari semester genap tahun pelajaran 2008/2009 yang berjumlah 42 orang, 23 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas siswa selama proses pembelajaran yang pada siklus I aktivitas siswa hanya 64,57 % meningkat menjadi 76 % pada siklus ke II kemudian pada siklus ke III aktivitas siswa meningkat mencapai 84 %. Sedangkan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata 68,80 pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata 73,57 pada siklus ke II, dan pada siklus ke III rata-rata hasil belajar siswa meningkat mencapai rata-rata 85,23. Hal ini telah mencapai ketuntasan yang diharapkan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan koopertaif tipe TGT perlu dilakukan dalam pembelajaran IPS untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Oleh karena itu, disarankan agar guru terus memacu semangat dan daya kreativitasnya agar anak senang dalam belajar IPS.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 28 Aug 2015 01:06
Last Modified: 28 Aug 2015 01:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item