EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas 2 SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin

Mariana, Mariana (2009) Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas 2 SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I Mariana.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Mariana.pdf

Download (123kB) | Preview

ABSTRAK

Mariana. 2009. Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran dengan Metode Drill Pada Siswa Kelas 2 SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni, M.Ag, (II) Drs. Samdani, M.Fil.I Pembelajatan Alquran pada tingkat sekolah dasar diberikan sebagai upaya memahami tema yang terkandung dalam surah tentang berbagai tuntunan prilaku kepribadian atau nilai-nilai keutamaan ibadah sebagaimana digariskan dalam akidah Islam. Upaya pembelajaran ini dilakukan dengan kompetensi mengenal huruf hijaiyah, melafalkan huruf secara baik dan benar, serta membaca ayat Alquran. Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode drill agar dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran tentang lafal huruf hijaiyah di kelas 2 SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin pada pembelajaran Alquran tentang lafal huruf hijaiyah. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas 2 yang berjumlah 30 orang pada semester 2 tahun pelajaran 2008/2009. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi kegiatan pembelajaran guru, observasi kegiatan siswa, serta tes tertulis. Analisis data digunakan interpretasi berdasarkan perhitungan distribusi frekuensi dengan pembahasan berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan kurikulum. Hasil penelitian ini dapat dinyatakan bahwa observasi terhadap aktivitas guru selamakegiatan belajar mengajar menerapkan metode drill atau latihan berulang telah berlangsung baik karena terjadi peningkatan dari kualifikasi cukup baik menjadi baik pada setiap siklus. Hal ini menggambarkan bahwa kememapuan guru menerapkan tahapan-tahapan latihan berulang secara individu, berpasangan dan kelompok berhasil meningkatkan kemampuan siswa membaca huruf hijaiyah. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Kelayan Timur 11 Banjarmasin pada bahan ajar ‘membaca huruf hijaiyah’ dengan menerapkan metode drill atau latihan berulang-ulang, yaitu dari rata-rata post tes 6,50 pada siklus I naik menjadi rata-rata post tes 7,50 pada siklus II di atas indikator ketuntasan belajar. Begitu pula presentasi ketuntasan naik dari 50% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Kata Kunci : Membaca Alquran; Metode Drill

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:50
Last Modified: 01 Sep 2015 08:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1656

Actions (login required)

View Item View Item