EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Shalat Melalui Strategi Card Sort Bagi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah An-Nuriyah 2 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin

Misrawati, Misrawati (2009) Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Shalat Melalui Strategi Card Sort Bagi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah An-Nuriyah 2 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (227kB) | Preview

ABSTRAK

Misrawati, 2009. Upaya Meningkatkan Pemahaman Materi Shalat Melalui Strategi Card Sort Bagi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah An-Nuriyah 2 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: (I) Prof. DR. H. Syaifuddin Sabda, M.Ag., (II) Drs. Alwi Kaderi, M.Pd.I. Penelitian tentang pemahaman materi shalat melalui strategi Card Sort ini merupakan salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran, khususnya perbaikan cara mengajar guru dan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Hal ini dilakukan karena banyaknya siswa yang kurang memahami materi shalat sebab selama ini proses belajar yang dilakukan hanya menggunakan metode ceramah. Proses pembelajaran semacam ini kurang efektif dilaksanakan bagi siswa kelas 1 yang baru mulai mengenal dan baru bisa membaca kata demi kata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi Card Sort dapat meningkatkan pemahaman materi shalat bagi siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah An-Nuriyah 2 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mempergunakan strategi Card Sort agar dapat meningkatkan pemahaman materi shalat bagi siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah An-Nuriyah 2 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah An-Nuriyah 2 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin pada tahun pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini ini dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu pada bulan Mei dan Juni 2009. Rancangan penelitian ini terbagi atas 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari hasil tes, observasi, wawancara, dan diskusi antara guru dan teman sejawat. Untuk menganalisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Card Sort dapat meningkatkan pemahaman materi shalat bagi siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah An-Nuriyah 2 Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa siklus I rata-rata nilai 65,9, siklus II rata-rata nilai 72,9, dan siklus III rata-rata nilai 80,6. Semua nilai tersebut berada di atas Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) mata pelajaran Fiqih yang ditetapkan oleh madrasah, yaitu rata-rata 60. Kinerja guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan strategi Card Sort juga menunjukkan peningkatan, yaitu dengan persentasi rata-rata siklus I 86,7%, siklus II 90,0%, dan siklus III 96,7%. Rata-rata keseluruhan mencapai 91,1%. Hal ini juga didukung oleh meningkatnya aktivitas siswa setiap siklus. Pada siklus I rata-rata 59,4%, siklus II 73,5%, dan siklus III 78,8%. Rata-rata keseluruhan 70,6%.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 28 Aug 2015 00:56
Last Modified: 28 Aug 2015 00:56
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item