EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Materi Hiwar Dengan Metode Muhadatsah di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ashriyah Desa Pindahan Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar

Arbainah, Arbainah (2009) Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Materi Hiwar Dengan Metode Muhadatsah di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ashriyah Desa Pindahan Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Arbainah.pdf

Download (227kB) | Preview

ABSTRAK

Arbainah. 2009. Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Pada Materi Hiwar Dengan Metode Muhadatsah di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Swasta Al-Ashriyah Desa Pindahan Baru Kecamatan Beruntung Baru Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. Abu Kasim, M. Ag (II) Hj. Mila Hasanah, M. Ag Penelitian ini berawal dari keadaan kurangnya minat siswa dalam pelajaran bahasa Arab, belum ditemukannya metode dan teknik pembelajaran yang tepat dan efesien agar siswa cepat dan mampu menguasai pelajaran bahasa Arab, serta rendahnya kualitas pembelajaran bahasa Arab di kelas IV MI Al-Ashriyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menumbuhkan minat siswa dalam mata pelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan rendahnya prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab khususnya materi hiwar siswa kelas IV MI Al-Ashriyah. Untuk itu direncanakan tindakan kelas dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Arab dengan metode muhadatsah. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam menerapkan pembelajaran dengan metode muhadatsah pada pembelajaran Bahasa Arab di kelas IV dilakukan dengan dua cara pengamatan, yaitu 1) Pengamatan langsung yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran melalui metode muhadatsah dengan materi hiwar. 2) Pengamatan partisipasi yang dilakukan oleh guru sejawat untuk mengamati kegiatan pembelajaran 2 x (2 x 35 menit) siklus pertama dan siklus kedua sesuai tahapan-tahapan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan refleksi hasil tindakan kelas siklus I dan siklus II penelitian ini, diperoleh data : a) Kegiatan pembelajaran berlangsung sangat baik, hal ini dilihat dari hasil observasi teman sejawat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti diperoleh rata-rata siklus I dan siklus II 92,75%. b) Aktivitas siswa dalam pembelajaran baik, hal ini dilihat dari hasil observasi teman sejawat terhadap aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar, diperoleh rata-rata siklus I dan siklus II 88,75%. c) Terjadinya peningkatan hasil tes dari siklus I ke siklus II, hal ini dilihat dari hasil tes yang dilaksanakan pada siklus I rata-rata pertemuan pertama yaitu 6,28 dan pertemuan kedua 6,44 (rata-rata nilai siklus I 6,36) di bawah indikator ketuntasan belajar, kemudian meningkat pada siklus II, rata-rata pertemuan pertama menjadi 6,78 dan pada pertemuan kedua 7,44 (rata-rata nilai siklus II 7,11) di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya. d) Sikap siswa terhadap pembelajaran materi hiwar pada mata pelajaran Bahasa Arab melalui metode muhadatsah pada umumnya setuju, hal ini dilihat dari hasil kuesioner tentang sikap siswa terhadap pernbelajaran, yang menjawab sangat setuju 28,57%, setuju 71,43%, kurang setuju 0%, dan tidak setuju 0%.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 27 Aug 2015 07:06
Last Modified: 27 Aug 2015 07:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item