EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Malaikat dan Tugasnya Mata Pelajaran PAI Melalui Belajar Kelompok Type STAD Siswa Kelas IV SDN Benua Anyar 9 Banjarmasin

H. Bahrani, H. Bahrani (2009) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Malaikat dan Tugasnya Mata Pelajaran PAI Melalui Belajar Kelompok Type STAD Siswa Kelas IV SDN Benua Anyar 9 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (129kB) | Preview

ABSTRAK

H. Bahrani. 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Malaikat dan Tugasnya Mata Pelajaran PAI Melalui Belajar Kelompok Type STAD Siswa Kelas IV SDN Benua Anyar 9 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. Emroni, M.Ag, (II) Dra. Rusdiah, M.Pd.I. Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan mata pelajaran yang harus mendapatkan perhatian serius dari guru. Meskipun demikian, pelajaran PAI merupakan mata pelajaran penting, namun dari pengamatan peneliti tampak bahwa prestasi belajar siswa untuk mata pelajaran PAI terutama materi pelajaran mengenal malaikat dan tugasnya kurang diminati. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa kemungkinan kurang diminatinya sub pokok pelajaran tersebut disebabkan oleh kurang tepatnya metode pengajaran yang digunakan, sehingga tidak memotivasi siswa terhadap pelajaran tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dengan mengangkat masalah tersebut menjadi sebuah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini ditulis untuk tujuan mengetahui efektivitas pelaksanaan metode kelompok dengan tipe STAD dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Benua Anyar 9 Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah bertipe deskriptif yaitu dengan cara memaparkan dan menggambarkan data yang diperoleh. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Benua Anyar 9 yang berjumlah 30 orang. Dari hasil tes yang diperoleh siswa secara keseluruhan menunjukkan bahwa penggunaan metode kelompok dalam proses pembelajaran ternyata mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam khususnya materi mengenal malaikat dan tugasnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa dimana pada pelaksanaan praktik siklus 1 pertemuan pertama nilai rata-rata yang diperoleh mencapai 59,33 kemudian meningkat menjadi pada pertemuan kedua 66,67 dan terjadi kenaikan lagi pada pertemuan ketiga siklus 2 yaitu 73,67. Ini artinya nilai yang diperoleh siswa sudah melebihi dari indikator yang telah ditetapkan yaitu 75% siswa memperoleh nilai minimal “70”. Hasil tindakan kelas ini dapat dijadikan sebagai tindak lanjut bahwa penggunaan metode kelompok tipe STAD dapat diterapkan dan dijadikan sebagai alternatif pemecahan masalah dalam proses belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:50
Last Modified: 01 Sep 2015 08:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1641

Actions (login required)

View Item View Item