EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Usaha Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode 5 Jam Di Madrasah Ibtidaiyah Ash Shabirin Pekauman Banjarmasin

H. Syurkani, A. Ma, H. Syurkani, A. Ma (2009) Usaha Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode 5 Jam Di Madrasah Ibtidaiyah Ash Shabirin Pekauman Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (125kB) | Preview

ABSTRAK

H. Syurkani, A. Ma. 2009. “Usaha Meningkatkan Keterampilan Baca Tulis Al-Qur’an Dengan Metode 5 Jam Di Madrasah Ibtidaiyah Ash Shabirin Pekauman Banjarmasin”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs. Abdul Basir, M. Ag (II) Surawardi, M. Ag. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas, yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan kurangnya keterampilan siswa membaca dan menulis al-Qur’an. Untuk itu direncanakan tindakan kelas dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis al-Qur’an melalui metode metode 5 jam. Tindakan kelas yang dilaksanakan dalam menerapkan pembelajaran melalui metode 5 jam pada pembelajaran al-Qur’an dilakukan dengan dua cara pengamatan, yaitu 1) Pengamatan langsung yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran melalui metode 5 jam. 2) Pengamatan partisipasi yang dilakukan oleh guru sejawat untuk mengamati kegiatan pembelajaran 4 x (2 x 35 menit) siklus pertama dan siklus ke dua sesuai tahapan-tahapan proses belajar mengajar di kelas. Berdasarkan hasil tindakan kelas siklus I dan siklus II penelitian ini, diperoleh data : a) Hasil observasi teman sejawat terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan peneliti meningkat dari siklus I ke siklus II, hal ini dilihat dari presentase hasil observasi siklus I pertemuan pertama 86,21% dan pertemuan kedua 89,65% (rata-rata 87,93%), siklus II pertemuan pertama 93,10% dan pertemuan kedua 100% (rata-rata 96,55%). Rata-rata keseluruhan 92,24%. b) Hasil observasi teman sejawat terhadap aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar siklus I sampai pada siklus II terlihat aktivitas siswa sangat baik dan meningkat, hal ini sesuai dengan persentase hasil observasi teman sejawat terhadap aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar yaitu siklus I pertemuan pertama 70,00% dan pertemuan kedua 75,00% (rata-rata 72,5%). Siklus II pertemuan pertama 80% dan pertemuan kedua 85% (rata-rata 82,5%). Rata-rata keseluruhan 77,5%. c) Terjadinya peningkatan hasil tes yang dilaksanakan dari siklus I hingga siklus dua, hal ini dilihat dari nilai rata-rata siklus I a pertemuan pertama yaitu 7,11 dan pertemuan kedua 7,33 (rata-rata nilai siklus I 7,22) di bawah indikator ketuntasan belajar, kemudian meningkat pada siklus II, pertemuan pertama menjadi 7,44 dan pada pertemuan kedua 8,06 (rata-rata nilai siklus II 7,75) di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya. Dari beberapa temuan tersebut, maka ditetapkan bahwa pembelajaran melalui metode 5 jam dapat dijadikan salah satu model pernbelajaran untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca dan menulis al-Qur’an.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:49
Last Modified: 01 Sep 2015 08:49
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item