EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penerapan Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala

Rafi'i, Akhmad (2015) Penerapan Metode Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (230kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini mengungkapkan tentang penerapan metode pembelajaran pada mata pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala dengan perumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SDN Simpang Nungki Kecamatan Cerbon kabupaten Barito Kuala dan faktorfaktor apa saja yang mempengaruhinya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan jelas penerapan metode Pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SDN Simpang Nungki Kecamatan Cerbon kabupaten Barito Kuala dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Subjek penelitian ini adalah seorang guru yang mengajar mata pelajaran PAI di SDN simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SDN Simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumenter. Sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik pengumpulan data, editing dan klasifikasi data. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan/ mendeskrifsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian mengambil kesimpulan dengan metode induktif deduktif yaitu menarik kesimpulan dari halhal yang bersifat khusus kepada hal-hal yang bersifat umum. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa penerapan metode pembelajaran yang Jenis metode yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala adalah metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode drill. Adapun keterampilan guru dalam penerapan metode dalam pembelajaran Pendididkan Agama Islam di SDN Simpang Nungki Kecamatan Cerbon Kabupaten Barito Kuala bisa dikatakan terampil dan terlaksana dengan baik dalam penggunaannya, sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah latar belakang pendidikan guru yang sangat sesuai dengan pelajaran PAI, pengalaman mengajar yang sangat lama dan mendukung, serta adanya motivasi dari berbagai pihak bersangkutan di tempat tersebut untuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 08 Jul 2015 02:17
Last Modified: 08 Jul 2015 02:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/163

Actions (login required)

View Item View Item