EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD di Kelas VII MTs Al-Fattah Astambul Kab. Banjar Tahun Pelajaran 2014/2015

Warsita, Erna (2015) Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD di Kelas VII MTs Al-Fattah Astambul Kab. Banjar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (577kB) | Preview

ABSTRAK

Erna Warsita. 2015. Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Tipe STAD di Kelas VII MTs Al-Fattah Astambul Kab.Banjar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Tsanawiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing:Analisa Fitria, S.Pd . M.Si Kata kunci: Hasil belajar, pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII semester I pada MTs Al-Fattah Astambul untuk mata pelajaran MTK dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Fattah Astambulpada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 71,31% menjadi 86,06% jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan yaitu kerjasama/toleransi dan partisipasi bagi siswa yang mempunyai kemampuan tinggi dengan yang mempunyai kemampuan rendah, maka pada siklus II kedua komponen tersebut (kerjasama/toleransi dan partisipasi) sudah bagus dilaksanakan siswa dalam kelompoknya; (2) Hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan sebesar 66,06% (akhir siklus 1)dengan rata-rata nilai/skor kuis 70,93%, menjadi 85,71% (iakhir siklus 2) dengan rata-rata nilai/skor kuis 82,41% diatas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran MTK yang telah ditetapkan yaitu 70,00; (3) hasil peningkatan penguasaan siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu dari kategori sangat baik (akhir siklus 1) menjadi kategori sempurna (akhir siklus 2).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:50
Last Modified: 27 Aug 2015 01:50
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1629

Actions (login required)

View Item View Item