EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN DISIPLIN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MULAWARMAN DAN MADRASAH TSANAWIYAH Al-ISTIQAMAH BANJARMASIN

Norsehan, Norsehan (2015) PENERAPAN DISIPLIN PADA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI MULAWARMAN DAN MADRASAH TSANAWIYAH Al-ISTIQAMAH BANJARMASIN. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (154kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi perlunya kedisiplinan dalam pendidikan. Kedisiplinan harus didahului oleh pimpinan sekolah/madrasah bersama guru-guru melalui berbagai aktivistas pembelajaran, sehingga dapat diikuti oleh siswa. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian adalah bagaimana upaya pimpinan madrasah dalam menerapkan disiplin pada MTsN Mulawarman dan MTs Al-Istiqamah Banjarmasin, apa faktor yang mempengaruhi penerapan disiplin dan apa hasil yang dicapai dari penerapan disiplin tersebut?. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di MTsN Mulawarman dan MTs al-Istiqamah Kota Banjarmasin. Subjek penelitian para kepala madrasah, pengurus yayasan, guru-guru, pegawai tata usaha dan siswa. Data lapangan digali dengan teknik wawancara, observasi dan dokumenter. Hasil penelitian menyimpulkan, pimpinan MTsN Mulawarman dan MTs al-Istiqamah Banjarmasin cukup berhasil menerapkan disiplin di madrasah yang dipimpinnnya. Penerapan disiplin dilakukan melalui keaktifan kepala madrasah dalam menanamkan disiplin melalui kegiatan harian, mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan dengan memulai kedisiplinan dari diri sendiri, kedisiplinan dalam melaksanakan kegiatan belajar intrakurikuler, pengembangan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler, kedisiplinan siswa mengikuti pelajaran sesuai dengan jam belajar efektif, kedisiplinan memenuhi tuntutan ketuntasan belajar, kepatuhan terhadap tata tertib madrasah, kedisiplinan shalat berjamaah, penegakan 7 K dan menugaskan Walikelas, Guru Piket dan al-Mudabbir (bagi santri yang tinggal di asrama) dalam membina dan mengawasi siswa. Faktor yang mempengaruhi penerapan disiplin MTsN Mulawarman dan MTs al-Istiqamah adalah faktor kepala sekolah, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana dan faktor lingkungan. Faktor yang menunjang adalah kepemimpinan dan keteladanan kepala madrasah, pengabdian guru, dan lingkungan masyarakat yang kondusif. Faktor yang menghambat adalah keterbatasan pada beberapa sarana dan prasarana madrasah serta adanya sebagian siswa pada MTs al-Istiqamah yang sulit didisiplinkan karena merupakan siswa pindahan dari sekolah lain disertai sikap orang tua dan masyarakat sekitar yang kurang mendukung pendidikan. Hasil dari penerapan disiplin pada MTsN Mulawarman dan MTs al-Istiqamah selama ini adalah tertanamnya sikap disiplin dan religius di kalangan guru dan siswa, serta pencapaian prestasi akademik dan non akademik yang cukup baik. Agar kedisiplinan lebih meningkat diperlukan keteladanan dan konsistensi dalam penerapan aturan dan tata terib madrasah oleh semua warga madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 08 Jul 2015 13:25
Last Modified: 08 Jul 2015 13:25
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item