EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca al-Qur’an pada Tahap Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Latihan Iqro’ Siswa Kelas 1 MI Daruttaqwa Banjarmasin

Arbayah, Arbayah (2009) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca al-Qur’an pada Tahap Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Latihan Iqro’ Siswa Kelas 1 MI Daruttaqwa Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (98kB) | Preview

ABSTRAK

Arbayah, 2009. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca al-Qur’an pada Tahap Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Latihan Iqro’ Siswa Kelas 1 MI Daruttaqwa Banjarmasin. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Pembimbing: (I) Drs. Muhammad As Said, M.Pd.I (II) Dra. Hj. Norjannah Rianie, M.Ag. Kata Kunci: Upaya peningkatan, kemampuan, membaca al-Qur’an, tahap per- mulaan, media kartu latihan iqro’ Penelitian kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada tahap permulaan dengan menggunakan media kartu latihan Iqro’ ini merupakan salah satu usaha untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran, khususnya perbaikan cara mengajar guru dan peningkatan kemampuan siswa dalam belajar. Hal ini dilakukan karena banyaknya siswa yang kurang mampu membaca al-Qur’an sebab selama ini proses belajar membaca al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Daruttaqwa hanya menggunakan waktu belajar selama 2 x 30 menit dan dengan menggunakan media seadanya. Proses pembelajaran juga hanya dilakukan dengan memberikan penjelasan dan latihan kepada siswa dengan waktu yang terbatas tersebut. Cara seperti ini penulis anggap kurang efektif diterapkan untuk mensiasati waktu yang sedikit tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media kartu latihan Iqro’ dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada tahap permulaan dengan cara meningkatkan aktivitas siswa kelas 1 MI Daruttaqwa Banjarmasin dalam proses belajar mengajar melalui penggunaan media tersebut. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas I MI Daruttaqwa Banjarmasin pada tahun pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Penelitian ini ini dilaksanakan mulai bulan April sampai dengan bulan Juni 2009. Rancangan penelitian ini terbagi atas 3 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari hasil tes, observasi, wawancara, kuesioner, dan diskusi antara guru dan teman sejawat. Untuk menganalisis data dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik persentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada tahap permulaan dapat meningkat dengan menggunakan media kartu latihan Iqro’. Ini disebabkan karena aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar meningkat dari siklus I rata-rata 73,18% menjadi 78,52% pada siklus II, dan lebih meningkat lagi pada siklus ketiga menjadi 85,18%. Pada saat pelaksanaan siklus I nilai rata-rata tes formatif siswa hanya 66,48, siklus II 73,15 dan siklus III nilai rata-rata tes formatif siswa lebih menjadi 80,37. Ini berarti terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil tes belajar formatif siswa dari siklus I ke siklus II, dan ke siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca al-Qur’an siswa pada tahap permulaan dapat ditingkatkan dengan menggunakan media kartu latihan Iqro’. Melalui media ini aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar lebih aktif. Guru dapat menerapkan berbagai macam teknik dan variasi dalam proses pembelajaran. Sehingga proses belajar mengajar jauh dari kejenuhan dan tidak membosankan bagi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:49
Last Modified: 01 Sep 2015 08:49
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item