EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tarikh Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Jigsaw

Salmah, Salmah (2009) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tarikh Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Jigsaw. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (73kB) | Preview

ABSTRAK

Salmah, 2009.”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tarikh Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Jigsaw.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: (I) Drs H. Burdjani, AS. M. Ag, (II) Haris Fadillah, S.Pd., M.Pd Penelitian ini berjudul “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tarikh Mata Pelajaran PAI Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Siswa Kelas IV SDN Karang Mekar 7 Banjarmasin”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena yang menggambarkan kurangnya pengetahuan anak terhadap sejarah pendidikan agama Islam. Kenyataan ini juga didukung oleh ketidakmampuan guru dalam menyajikan materi pelajaran dengan menarik dan kreatif sehingga siswa merasa bosan mengikuti pelajaran, pembelajaran yang disajikan guru cenderung bersifat konvensional. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Kenyataan ini berpotensi untuk menimbulkan stagnasi dalam pembelajaran, serta menurunkan minat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, maka melalui penelitian ini diharapkan guru mampu untuk mengadakan pembaharuan terhadap cara mengajar dan mampu mengatasi kejenuhan siswa dengan menggunakan metode yang sesuai dengan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisinya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa, guru dan setting sosial secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Untuk meningkatkan hasil belajar materi tarikh dilakukan PTK dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilakukan di SDN Karang Mekar 7 Banjarmasin dengan dua siklus. Pada siklus pertama terlihat siswa cukup aktif dalam pembelajaran walaupun masih ada beberapa siswa yang belum mampu menyelesaikan tugas sesuai waktu yang ditentukan dan masih ada kelompok yang belum mampu mempresentasikan hasil kelompoknya dengan baik. Di lain sisi guru juga belum mampu secara maksimal dalam mengimplementasikan model pembelajaran jigsaw. Pada siklus kedua siswa dan guru menunjukkan peningkatan dalam aktivitasnya. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa yang menunjukkan peningkatan. Aktivitas siswa meningkat dari 75% pada siklus pertama menjadi 89% pada siklus kedua. Aktivitas guru yang semula belum maksimal pada siklus pertama yaitu 92,86% menjadi 100% pada siklus kedua. Sementara itu hasil ulangan harian juga menunjukkan peningkatan. Semula pada ulangan harian pertama (siklus 1) menunjukkan rata-rata 7,57 menjadi 9,24 pada ulangan harian kedua (siklus 2). Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas pada silkus 1 dan siklus 2 maka dapat meningkatkan hasil belajar materi tarikh dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas IV SDN Karang Mekar 7 Banjarmasin.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:48
Last Modified: 01 Sep 2015 08:48
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item