EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Media Realia untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di MI Al Furqan

Muzanni, Hilmi (2015) Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Media Realia untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di MI Al Furqan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KEASLIAN TULISAN .pdf

Download (228kB) | Preview

ABSTRAK

Hilmi Muzanni. 2015. Penerapan Pendekatan Scientific Dengan Media Realia untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Di MI Al Furqan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Tamjidnor, S.Ag., M.Pd.I Pendekatan ilmiah (scientific) merupakan suatu proses penyelidikan secara sistematik yang terdiri dari bagian-bagian yang saling bergantung. Pendekatan scientific dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan membentuk jejaring untuk semua mata pelajaran Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan scientific dengan media realia untuk meningkatkan hasil belajar Matematika yang meliputi memahami peserta didik, merancang pembelajaran, melakasanakan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran dan serapa besar pengaruh kompetesi guru pada penerapan pendekatan sceintific dengan media realia untuk keaktifan dan pemahaman serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui tentang penerapan pendekatan scientific dengan media realia untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IV MI Muhammadiyah Al Furqan Banjarmasin beserta seberapa besar dari pengaruh penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif yakni dengan memberikan gambaran mengenai penerapan pendekatan scientific dengan media realia untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IV beserta seberapa besar dari pengaruh kompetesi guru pada penerapannya dengan mengambil kesimpulan melalui metode induktif yakni dari khusus ke umum. Subjek penelitian ini terdiri yaitu guru yang mengajar di kelas kelas IV di MI Muhammadiyah Al Furqan Banjarmasin. Objeknya adalah penerapan pendekatan scientific dengan media realia untuk meningkatkan hasil belajar Matematika kelas IV MI Muhammadiyah Al Furqan Banjarmasin. Untuk mendapatkan data lapangan, digunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah pendekatan scientific dengan media realia dalam pembelajaran Matematika siswa kelas IV di MI Muhammadiyah Al Furqan yang dilaksanakan oleh guru sudah dilaksanakan dengan sangat baik dan respon peserta didik sangatlah bagus sehingga berdampak pada hasil belajar mereka yang meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:48
Last Modified: 01 Sep 2015 08:48
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item