EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kosa kata Bahasa Inggris Siswa Kelas VIIIA Tentang Synonym (Persamaan Kata) dan Antonym (Lawan Kata) Melalui Permainan Kartu di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Keliling Benteng Martapura Barat Tahun Pelajaran 2014-2015

Masni, Masni (2015) Meningkatkan Kosa kata Bahasa Inggris Siswa Kelas VIIIA Tentang Synonym (Persamaan Kata) dan Antonym (Lawan Kata) Melalui Permainan Kartu di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Keliling Benteng Martapura Barat Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Pernyataan Keaslian Tulisan Masni.jpg

Download (624kB) | Preview

ABSTRAK

Masni, 2015. Meningkatkan Kosa kata Bahasa Inggris Siswa Kelas VIIIA Tentang Synonym (Persamaan Kata) dan Antonym (Lawan Kata) Melalui Permainan Kartu di Madrasah Tsanawiyah Al-Hidayah Keliling Benteng Martapura Barat Tahun Pelajaran 2014-2015.Jurusan Tadris Bahasa Inggris, FakultasTarbiyahdanKeguruan IAIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Ridha Fadillah, MA. Kata Kunci: Kosa kata, permainan kartu, sinonim dan antonim. Banyak siswa di kelas VIIIA di MTs. Al-Hidayah kurang penguasaan kosa kata bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena pembelajaran hanya menggunakan media seadanya. Proses pembelajaran sebagian besar dilakukan dengan menjelaskan dan latihan kepada siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan kosa kata siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa observasi pembelajaran guru, observasi aktifitas kerja kelompok siswa serta tes formatif. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik persentase. Setting penelitian adalah siswa kelas VIIIA berjumlah 32 orang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunan permainan kartu dapat meningkatkan kemampuan kosa kata siswa dan aktifitas siswa dalam topik pembahasan tentang kosa kata berhubungan sinonim dan antonim di MTs. Al-Hidayah Keliling Benteng Martapura Barat. Ini dibuktikan dari hasil tes formatif pada siklus I pertemuan ke 2 nilai rata-rata kelasnya adalah 69,49 dengan perincian 59,37% yang sudah menuntaskan kinerja ketuntasan minimum sekolah dan 40,63% yang belum menuntaskan pembelajaran (13 orang). Siklus II hasil nilai tes formatif nilai rata-ratanya meningkat secara signifikan yaitu 81,17 atau 100% siswa sudah dapat menuntaskan kriteria minimum sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan permainan kartu berpengaruh positif terhadap kemampuan kosa kata bahasa Inggris siswa dalam topik pembahasan tentang sinonim dan antonim. Bertolak dari temuan ini dikemukakan beberapa saran agar guru menggunakan permainan kartu untuk meningkatkan kemampuan kosa kata bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:48
Last Modified: 01 Sep 2015 08:48
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1602

Actions (login required)

View Item View Item