EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Kemampuan Membaca Alquran Siswa yang Mengikuti Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Siswa yang Tidak Mengikuti Taman Pendidikan Alquran (TPA) di kelas VI B MIN Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur Tahun Pelajaran 2014-2015

Rahman, Gazali (2015) Kemampuan Membaca Alquran Siswa yang Mengikuti Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Siswa yang Tidak Mengikuti Taman Pendidikan Alquran (TPA) di kelas VI B MIN Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan keaslian tulisan.pdf

Download (422kB) | Preview

ABSTRAK

Gazali Rahman. 2015. Kemampuan Membaca Alquran Siswa yang Mengikuti Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan Siswa yang Tidak Mengikuti Taman Pendidikan Alquran (TPA) di kelas VI B MIN Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur Tahun Pelajaran 2014-2015.Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin. Dr. Ani Cahyadi Maseri, S. Ag.,M. Pd. Kata kunci: Perbedaankemampuan membaca Alquran, Taman Pendidikan Alquran, kelompok siswa Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca Alquran antara siswa yang mengikuti Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan siswa yang tidak mengikuti Taman Pendidikan Alquran (TPA) di kelasVI B MIN Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur Tahun Ajaran 2014-2015. Instrumen penelitian berupa angket, tes prestasi (membaca Alquran), dokumentasi, dan observasi. Lembar angket digunakan untuk mengetahui siswa yang mengikuti TPA dan tidak mengikuti TPA, sedangkan tes prestasi dilengkapi dengan lembar obsrvasi penilaian digunakan untuk memberikan nilai pada masing-masing kelompok, yakni kelompok 1 (siswa mengikuti TPA) dan kelompok 2 (siswa tidak mengikuti TPA). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), secara khusus menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan causal comparative study. Adapun populasi/subjek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VI B MIN Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur tahun pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 15 orang, dengan rincian enam orang mengikuti TPA dan sembilan orang tidak mengikuti TPA. Analisis data menggunakan teknik komparasi, yakni dengan pengujian hipotesis komparasi dua sampel dan uji dua pihak, peneliti menggunakan rumus separated varian untuk menguji hipotesis. Ha: ada perbedaan kemampuan membaca Alquran antara siswa yang mengikuti TPA dan siswa yang tidak mengikuti TPA di kelas VI B MIN Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur tahun pelajaran 2014-2015, sedangkan Ho: tidak ada perbedaan kemampuan membaca Alquran antara siswa yang mengikuti TPA dan siswa yang tidak mengikuti TPA di kelas VI B MIN Kebun Bunga Kecamatan Banjarmasin Timur tahun pelajaran 2014-2015. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara dua kelompok siswa tersebut dalam membaca Alquran, dengan dibuktikan hasil t hitung > t tabel pengganti (8,41 > 4,03), sehingga dapat disimpulkan bahwa ha diterima dan ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:19
Last Modified: 26 Aug 2015 22:19
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item