EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Islam Mataraman Kabupaten Banjar

Qalbi, Qalbi (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Islam Mataraman Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (529kB) | Preview

ABSTRAK

Qalbi. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tentang Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Pada Siswa Kelas IV MI Nurul Islam Mataraman Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Mubin, M.Ag. Kata Kunci: Bagian Tumbuhan, Student Facilitator and Explaining Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tumbuhan melalui model pembelajaran student facilitator and explaining di kelas IV MI Nurul Islam Mataraman Kabupaten Banjar dan bagaimana kegiatan guru serta aktivitas siswa selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan yang diteliti. Untuk itu direncanakan tindakan kelas selama dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Islam Mataraman Kabupaten Banjar yang berjumlah 24. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan evaluasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan guru dalam pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tumbuhan melalui model pembelajaran student facilitator and explaining pada siswa kelas IV MI Nurul Islam Mataraman Kabupaten Banjar sebagaimana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai katagori baik (88,57%). (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tumbuhan melalui model pembelajaran student facilitator and explaining di kelas IV MI Nurul Islam Mataraman Kabupaten Banjar cukup mendukung dan aktif, hal ini dapat dilihat pada observasi aktivitas siswa hingga mencapai katagori aktif (88,28%). (3) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA tentang bagian-bagian tumbuhan melalui model pembelajaran student facilitator and explaining di kelas IV MI Nurul Islam Mataraman Kabupaten Banjar menunjukkan nilai yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 58,33 di bawah indikator ketuntasan belajar, meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 60,79 masih di bawah indikator ketuntasan belajar. Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 64,46 masih dibawah indikator ketuntasan belajar meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 67,69 sudah mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya (65,00).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:17
Last Modified: 26 Aug 2015 22:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item