EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al Anshari Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin

Rozanti, Rina (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al Anshari Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (286kB) | Preview

ABSTRAK

Rina Rozanti. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Al Anshari Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Dr. Hj. Romdiyah, M. Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi, Mata Pelajaran Fiqih Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas I semester II pada MI Al Anshari Banjarmasin untuk mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan strategi pembelajaran Demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I Putra MI Al Ansari Kelurahan Telaga Biru Banjarmasin yang berjumlah 26 orang. Sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode demonstrasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Fiqih dalam materi praktek wudhu siswa kelas 1 MI Al Anshari Kelurahan Telaga Biru Banjarmasi,pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan pertama sebesar 74,07% dengan rata-rata 2,40 dan pertemuen kedua 85,18% dengan nilai rata-rata 3,07. Kemudian meningkat pada siklus II pertemuan pertama 92,60% dengan nilai rata-rata 3,44 dan pertemuan kedua 100% dengan nilai rata-rata 3,70. Jika pada siklus I masih ada beberapa komponen aktivitas guru yang harus ditingkatkan seperti alokasi waktu yang tidak selalu tepat sesuai rencana, tidak melaksanakan pembelajaran sesuai tujuan yang diharapkan, maka pada siklus II komponen tersebut sudah dapat terlaksana dengan baik, hanya saja alokasi waktu masih belum tepat benar sesuai dengan yang direncanakan. (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I pertemuan pertama 70,00% dan pertemuan kedua 76,00%. Kemudian meningkat pada siklus II pertemuan pertama 84,00%, peningkatannya sebesar 92,00% (3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu dari siklus I pertemuan pertama nilai rata-rata 5,92 dan pertemuan kedua nilai rata-rata 7,16. Kemudian meningkat pada siklus II pertemuan pertama 7,44 dan pertemuan kedua 7,64. Tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan metode demontrasi pada kelas I MI Al-Anshari Banjarmasin berhasil karena terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa, aktivitas guru dan aktivitas siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 24 Aug 2015 06:35
Last Modified: 24 Aug 2015 06:35
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item