EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dengan Menggunakan Teknik Permainan Ular Tangga pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Kuin Utara Banjarmasin

Rusmiyati, Rusmiyati (2015) Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dengan Menggunakan Teknik Permainan Ular Tangga pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Kuin Utara Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Image
IMG_20150823_0002.jpg

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Rusmiyati, 2015. Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dengan Menggunakan Teknik Permainan Ular Tangga pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Kuin Utara Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Muhammad Nadir, S.Ag, M.Pd.I, M.Stud. Kata Kunci: Kosa Kata Bahasa Arab, Permainan Ular Tangga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar penguasaan kosa kata dengan menggunakan teknik permainan ular tangga pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Kuin Utara Banjarmasin dan bagaimana kegiatan guru serta aktivitas siswa selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan yang diteliti. Untuk itu direncanakan tindakan kelas selama dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Kuin Utara Banjarmasin yang berjumlah 8 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan evaluasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan guru dalam pembelajaran meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan teknik permainan ular tangga pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Kuin Utara Banjarmasinsebagaimana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai katagori baik (88,57%). (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran meningkatkan penguasaan kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan teknik permainan ular tangga di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Kuin Utara Banjarmasincukup mendukung dan aktif, hal ini dapat dilihat pada observasi aktivitas siswahingga mencapai katagori aktif (86,72%). (3) Hasil belajar penguasaan kosa kata bahasa Arab dengan menggunakan teknik permainan ular tangga pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Aman Kuin Utara Banjarmasinmenunjukkan nilai yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 siswa yang tuntas dalam belajar hanya 2 orang (25%), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 3 orang (37,5%). Siklus II pertemuan 1siswa yang tuntas dalam belajar adalah 5 orang (62,5%) meningkat pada siklus II pertemuan 2 semua siswa tuntas dalam belajar (100%) dan tidak ada siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:17
Last Modified: 26 Aug 2015 22:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1558

Actions (login required)

View Item View Item