EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Segitiga dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII MTsN Aluh-Aluh Kabupaten Banjar

Kastaniah, Kastaniah (2015) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Segitiga dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII MTsN Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pernyataan keaslian tulisan-ii.pdf

Download (12kB) | Preview

ABSTRAK

Kastaniah, 2015. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Materi Segitiga dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VII MTsN Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Hasby Assidiqi, S. Pd. M. Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Model pembelajaran tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) merupakan salah satu Metode pembelajaran yang mampu membuat siswa membangun pengetahuannya sendiri, menumbuhkembangkan keterampilan yang tinggi dan penyelidikan, memandirikan siswa, dan meningkatkan kepercayaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasl belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran matemetika pokok bahasan tentang Segitiga dengan menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions(STAD) Penelitian ini menggunakan metode diskreptif dan merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas VII MTsN Aluh-Aluh Kabupaten Banjar yang berjumlah 21 orang siswa. Yang menjadi objek penelitian ini adalah hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VII MTsN Aluh-Aluh Kabupaten Banjar pada materi Segitiga dengan menggunakan media dalam pembelajaran kooperatif tipe STAD. Prosedur penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan tes tertulis. Dari data yang didapat melalui tes hasil belajar yang menunjukan terjadi peningkatan rata-rata nilai yang didapat siswa, yaitu 58,38 (cukup baik) pada siklus I, menjadi 63,43 (baik) pada siklus II. Sedangkan dari hasil observasi yang dilakukan selama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berlangsung yang menunjukan peningkatan rata-rata aktivitas siswa yang semula 68,57 % (cukup baik) pada siklus I, meningkat menjadi 81,44% (sangat baik) pada pertemuan kedua siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:17
Last Modified: 26 Aug 2015 22:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1557

Actions (login required)

View Item View Item