EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan dengan Menggunakan AlatPeraga

Mariana, Mariana (2015) Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan dengan Menggunakan AlatPeraga. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV Ana.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Image
1. Lembar pengesahan.jpg

Download (666kB) | Preview

ABSTRAK

Mariana.2015. Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Perkalian dan Pembagian Pecahan dengan Menggunakan AlatPeraga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Rahmawati, S.Pd.I., M.Pd.Si. Kata kunci: Pemahaman, hasil belajar, alatperaga. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahamandanhasil belajar siswa kelas V semester II pada MIBaladanAmina untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan alatperaga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MIBaladanAmina pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 19 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Hasil pemahaman siswa terhadap pembelajaran meningkat dengan melihat ketercapaian ketuntasan minimal siswa mulai siklus 1 sebanyak 11 siswa (57,89%) dinyatakan tuntas dengan klasifikasi rendah dan siklus 2 siswa tuntas sebanyak 19 siswa (100%) dengan klasifikasi sangat tinggi; (2) Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari hasil tes siklus 1 rata-rata hasil belajar siswa 61,05 dengan klasifikasi cukup meningkat sebesar 94,73 % menjadi 90,52 dengan klasifikasi sangat tinggipada siklus 2; (3) Partisipasi aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan,pada siklus 1 untuk aktivitas guru rata-rata sebesar 82,50% meningkat menjadi rata-rata 88,75% pada siklus 2 dengan klasifikasi baik. Sedangkan untuk aktivitas siswa siklus 1 rata-rata sebesar 62,50% dengan klasifikasi sedang meningkat menjadi 86,25% dengan klasifikasi baik pada siklus2namun masih ada beberapa aspekyang harus ditingkatkan yaitu aspek keberanian bertanya tentang apa yang belum diketahui dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan tugas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:17
Last Modified: 26 Aug 2015 22:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item