EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silabel Siswa Kelas I MI Noor Aini Kelurahan Alalak Tengah Banjarmasin

Masitah, Masitah (2015) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silabel Siswa Kelas I MI Noor Aini Kelurahan Alalak Tengah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I (1).pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Scan.jpg

Download (670kB) | Preview

ABSTRAK

Masitah. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Silabel Siswa Kelas I MI Noor Aini Kelurahan Alalak Tengah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, akultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Aswan, M. Pd Kata kunci : Kemampuan Membaca Permulaan, Metode Silabel Membaca merupakan hal yang paling penting atau hal yang mendasar dari dunia pendidikan, terutama dalam lingkup sekolah dasar karena membaca merupakan proses memperoleh informasi atau wawasan dari buku yang dibaca terutama buku mata pelajaran. Membaca merupakan salah satu keterampilan yang diajarkan dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar. Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (SD) / Madrasah Ibtidaiyah(MI) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi secara efektif, baik lisan maupun tertulis. Keterampilan membaca sebagai salah satu keterampilan berbahasa tulis yang bersifat reseptif, perlu dimiliki siswa SD/MI agar mampu berkomunikasi secara tertulis. Pengalaman peneliti selama mengajar di MI Noor Aini Kelurahan Alalak Tengah Banjarmasin menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam menguasai kemampuan membaca. Meskipun sudah mengenal huruf-huruf, tetapi mereka masih mengalami kesulitan terutama dalam membaca per-suku kata. Beberapa penyebabnya antara lain adalah latar belakang pendidikan TK yang beragam dan peran orang tua yang tidak seluruhnya membimbing mereka belajar membaca di rumah. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas I MI Noor Aini Kelurahan Alalak tengah Banjarmasin. Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang merupakan bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan merefleksi. Tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas I MIS Noor Aini Kelurahan Alalak tengah Banjarmasin Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode silabel, maka kemampuan membaca permulaan siswa kelas I MI Noor Aini Kelurahan Alalak tengah Banjarmasin menjadi meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:17
Last Modified: 26 Aug 2015 22:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1552

Actions (login required)

View Item View Item