EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Melalui Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas II MI Al-Musyawarah Banjarmasin

Hamisah, Hamisah (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Melalui Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas II MI Al-Musyawarah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Surat Pernyataan.pdf

Download (60kB) | Preview

ABSTRAK

Hamisah. 2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Melalui Media Gambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Bagi Siswa Kelas II MI Al-Musyawarah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Haris Fadilah, M.Pd. Kata Kunci: Membaca dan Menulis, Media Gambar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MI Al-Musyawarah Banjarmasin dan bagaimana aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan yang diteliti. Untuk itu direncanakan tindakan kelas selama dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Al-Musyawarah Banjarmasin yang berjumlah 9 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan evaluasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan guru dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MI Al-Musyawarah Banjarmasin sebagaimana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai katagori baik (89,47%). (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MI Al-Musyawarah Banjarmasin cukup mendukung dan aktif, hal ini dapat dilihat pada observasi aktivitas siswa hingga mencapai katagori aktif (85,42%). (3) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran membaca dan menulis melalui media gambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II MI Al-Musyawarah Banjarmasin menunjukkan nilai yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 siswa yang tuntas dalam belajar hanya 1 orang (11,11%), meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 3 orang (33,33%). Siklus II pertemuan 1 siswa yang tuntas dalam belajar adalah 5 orang (55,56%) meningkat pada siklus II pertemuan 2 semua siswa tuntas dalam belajar (100%) dan tidak ada siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:16
Last Modified: 26 Aug 2015 22:16
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item