EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Pembantanan Kabupaten Banjar

Suldani, Suldani (2015) Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Pembantanan Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (573kB) | Preview

ABSTRAK

Suldani. 2015. Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Arab pada Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Pembantanan Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. Ahmad Muradi, M.Ag. Kata kunci: Kemampuan Menulis, Metode Imla’ Ikhtibari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab melalui metode imla’ ikhtibari pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Pembantanan Kabupaten Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MA. Al-Istiqamah Pembantanan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 11 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan guru meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab melalui metode imla’ ikhtibari pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Istiqamah Pembantanan Kabupaten Banjar sebagaiamana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai katagori sangat baik (100%). (2) Hasil belajar kemampuan menulis bahasa Arab menggunakan metode imla’ ikhtibari pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Istqamah Pembantanan Kabupaten Banjar menunjukkan nilai yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1 siswa memperoleh nilai rata-rata 66,6 di bawah indikator ketuntasan belajar, meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 69,81 masih di bawah indikator ketuntasan belajar. Siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 75,81 sudah mencapai di atas indikator ketuntasan belajar, namun masih ada 4 orang siswa yang nilainya di bawah KKM, kemudian meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 78, 27 sudah mencapai di atas indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan sebelumnya (75), hanya 1 orang siswa yang nilainya di bawah KKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:16
Last Modified: 26 Aug 2015 22:16
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1549

Actions (login required)

View Item View Item