EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I MIN Sungai Tuan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar

Martini, Martini (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I MIN Sungai Tuan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV,.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Image
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN MARTINI.jpg

Download (636kB) | Preview

ABSTRAK

Martini. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Wudhu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas I MIN Sungai Tuan Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Drs. H. Haderani, M.Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Demonstrasi Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas I semester II pada MIN Sungai Tuan untuk mata pelajaran Fiqih dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MIN Sungai Tuan Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, berjumlah 14 orang, dengan komposisi laki-laki 6 siswa dan perempuan 8 siswa, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 80,36% dan siklus II menjadi 91,05%, peningkatannya terjadi sebesar 10,69%. Sedangkan nilai rata-rata persentase aktivitas guru selama dua siklus adalah 85,70% dengan kategori baik. Hal ini disebabkan karena sebagian besar aspek observasi guru sudah terlaksana dengan baik, hanya ada beberapa aspek yang belum terlaksana seperti belum terlaksananya alokasi waktu seperti yang diharapkan serta belum mengaitkan materi dengan pengetahuan yang relevan (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 78,57% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 87,15%, peningkatannya sebesar 8,58%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa pada kedua siklus adalah 82,86% dengan kategori aktif (3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu dari siklus I dengan rata-rata 7,29 meningkat menjadi 8,25 pada siklus II, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 0,96. Nilai rata-rata dari kedua siklus adalah 7,77 dan termasuk kategori tuntas karena sudah mencapai ketuntasan minimal yaitu 7,00.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:16
Last Modified: 26 Aug 2015 22:16
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1547

Actions (login required)

View Item View Item