EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hapalan Kosakata Menggunakan Metode Dengar – Ucap (sam’iyah syafawiyah) dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Taman Hudaya Bincau Martapura

H. Samhudi, H. Samhudi (2015) Meningkatkan Hapalan Kosakata Menggunakan Metode Dengar – Ucap (sam’iyah syafawiyah) dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Taman Hudaya Bincau Martapura. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (274kB) | Preview

ABSTRAK

H.Samhudi. 2015. Meningkatkan Hapalan Kosakata Menggunakan Metode Dengar – Ucap (sam’iyah syafawiyah) dan Media Audio Visual pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Taman Hudaya Bincau Martapura. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H.Ahd.Husaini HA, M. Fil.I. Kata kunci: طريقة السمعية و الشفوية , باستعمل المفردات حفظ قدرة Kemampuan hapalan kosakata, menggunakan metode Dengar-Ucap. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hapalan kosakata pada Siswa kelas VII semester II pada Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Taman Hudaya untuk mata pelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode Dengar-Ucap (sam’iyah syafawiyah) Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Dengar-Ucap pada semester kedua penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII pada Madrasah Tsanawiyah Hidayatullah Taman Hudaya Bincau semester genap tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah pesereta didik 13 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian diperoleh (1) Kegiatan pembelajaran keterampilan Istima’ bahasa Arab mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 85,18% dengan skor rata-rata 3,22 menjadi100% dengan skor rata-rata 3,64, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan pada keterampilan Istima’ bahasa Arab, maka pada siklus II komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan siswa; (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan belajar hapalan secara individual juga mengalami peningkatan (akhir siklus 1) dengan nilai 78% menjadi 92% (akhir siklus 2); (3) Hasil tes belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan dengan rata-rata 6,45 %(akhir siklus I) menjadi 8,11% (akhir siklus II) di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran bahasa Arab yang telah ditetapkan yaitu 70,50 dari hasil penelitian di atas bahwa hapalan kosakata bahasa Arab siswa dikategorikan cukup baik (akhir siklus I) menjadi kategori baik (akhir siklus II).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 26 Aug 2015 22:15
Last Modified: 26 Aug 2015 22:15
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item