EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Menanggapi Cerita Pengalaman Melalui Metode Tebak Kata Pada Siswa Kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin

Aminah, Siti (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Menanggapi Cerita Pengalaman Melalui Metode Tebak Kata Pada Siswa Kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I (1).pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV (1).pdf

Download (522kB) | Preview

ABSTRAK

Siti Aminah. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Menanggapi Cerita Pengalaman Melalui Metode Tebak Kata Pada Siswa Kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Alfian Khairani, M.Pd.I. Kata Kunci: Menanggapi Cerita Pengalaman, Tebak Kata Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan pembelajaran menanggapi cerita pengalaman melalui metode tebak kata pada siswa kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin dan bagaimana aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yaitu bentuk pembelajaran yang bersifat reflektif untuk memperbaiki kondisi pembelajaran dan meningkatkan kemantapan rasional dari tindakan melaksanakan tugas dengan proses pengkajian berdaur, yaitu merencanakan, melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi tentang permasalahan yang diteliti. Untuk itu direncanakan tindakan kelas selama dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan evaluasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan guru dalam pembelajaran menanggapi cerita pengalaman melalui metode tebak kata pada siswa kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin sebagaiamana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya aktivitas guru setiap pertemuan hingga mencapai kriteria baik (88,57%). (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran menanggapi cerita pengalaman melalui metode tebak kata di kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin cukup mendukung dan aktif, hal ini dapat dilihat pada observasi aktivitas siswa hingga mencapai klriteria aktif (85,25%). (3) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan pembelajaran menanggapi cerita pengalaman melalui metode tebak kata pada siswa kelas III MI Nurul Ulum Banjarmasin menunjukkan nilai yang meningkat setiap siklusnya. Pada siklus I pertemuan 1, rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 68,4, meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 71,68. Siklus II pertemuan, rata-rata nilai hasil belajar siswa adalah 74,66 meningkat pada siklus II pertemuan 2 menjadi 76,96. Hal ini berarti telah mencapai batas KKM yang telah ditetapkan yaitu 75,00.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 25 Aug 2015 01:20
Last Modified: 25 Aug 2015 01:20
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item