EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Di Kelas III Putra MI Al-Anshari Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Mariani, Mariani (2015) Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Di Kelas III Putra MI Al-Anshari Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I,.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV2.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Image
001.jpg

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV,mery.pdf

Download (522kB) | Preview

ABSTRAK

Mariani. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-Jenis Pekerjaan Di Kelas III Putra MI Al-Anshari Kelurahan Telaga Biru Kota Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Syarifah Salmah, M. Pd.I. Kata Kunci: Hasil belajar, Strategi pembelajaran Scramble Latar Belakang penelitian ini adalah karena selama ini guru kebanyakan menggunakan metode ceramah saja dalam pembelajaran IPS, sehingga siswa menjadi bosan dan kurang memperhatikan saat guru menerangkan, selain itu sistem pembelajaran hanya berpusat pada guru (Student Centered) sehingga siswa menjadi kurang aktif. Akibatnya pembelajaran menjadi kurang menarik dan hasil belajarnya pun menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas III Putra semester II pada MI Al Anshari Banjarmasin untuk mata pelajaran IPS dengan menggunakan strategi pembelajaran Scremble Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalh metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III Putra MI Al Anshari Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 23 orang, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus II sebesar 78,57% menjadi 92,86%, peningkatannya terjadi sebesar 14,29. Jika pada siklus I masih ada beberapa komponen aktivitas guru yang harus ditingkatkan seperti alokasi waktu yang tidak selalu tepat sesuai rencana, tidak melaksanakan pembelajaran sesuai tujuan yang diharapkan serta kurang menumbuhkan partisifasi aktif siswa, maka pada siklus II komponen tersebut sudah dapat terlaksana dengan baik, hanya saja alokasi waktu masih belum tepat benar sesuai dengan yang direncanakan. (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 58,93% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 83,93%, peningkatannya sebesar 25% (3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu dari siklus I dengan rata-rata 6,94 meningkat menjadi 8,33 pada siklus II, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 1,39. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran Scramble ini dapat diterapkan pada mata pelajaran IPS terutama materi jenis-jenis pekerjaan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 21 Aug 2015 13:03
Last Modified: 21 Aug 2015 13:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1522

Actions (login required)

View Item View Item