EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber daya alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) di Kelas IV MIN Model Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar

Marfuah, Radiatun (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber daya alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) di Kelas IV MIN Model Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I STAD.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV STAD.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Image
pernyataan keaslian tulisan.jpg

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Radiatun Marfuah. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber daya alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) di Kelas IV MIN Model Martapura Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Siti Shalihah,S.Pd.MS Kata kunci: Hasil belajar, pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa ,aktivitas siswa dan aktivitas guru di kelas IV semester II pada MIN Model Martapura untuk mata pelajaran IPA materi sumber daya alam dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Divisions (STAD). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Model Martapura pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 20 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 3,03 point menjadi 3,6 point, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan yaitu memperhatikan penjelasan guru , bertanya dan mempersentasikan hasil kerja kelompok masih rendah, maka pada siklus II ketiga komponen tersebut (memperhatikan penjelasan guru , bertanya dan mempersentasikan hasil kerja kelompok) sudah dilaksanakan siswa dalam kelompoknya; (2) Hasil belajar siswa secara individual juga mengalami peningkatan (akhir siklus 1) 65 % dengan rata-rata nilai/skor kuis 70,1, menjadi 95 % (akhir siklus 2) dengan rata-rata nilai/skor kuis 77,45 diatas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran IPS yang telah ditetapkan yaitu 60,00; (3) hasil aktivitas guru juga mengalami peningkatan dari akhir siklus I mendapat skor 77,42 menjadi 93,54 pada akhir siklus II .

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 21 Aug 2015 13:03
Last Modified: 21 Aug 2015 13:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item