EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VIII MTs RAUDHATUL ISLAMIYAH PAKU ALAM TAHUN 2014/2015

Sari, Hikmah (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE QUICK ON THE DRAW PADA MATERI OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR KELAS VIII MTs RAUDHATUL ISLAMIYAH PAKU ALAM TAHUN 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - BAB 5.pdf

Download (968kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana hasil belajar di kelas eksperimen dengan pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw dan di kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, kemudian apakah ada perbedaan antara hasil belajar keduanya dan terakhir apakah pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw ini efektif digunakan di kelas eksperimen. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hasil belajar dan perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol serta keefektifan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Quick On The Draw daripada pembelajaran konvensional pada materi operasi hitung bentuk aljabar kelas VIII di MTs Raudhatul Islamiyah tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dokumentasi, wawancara, lembar observasi dalam proses pembelajaran dan angket. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII di MTs Raudhatul Islamiyah yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen, sehingga sampel yang digunakan adalah sampel jenuh karena semua populasi dijadikan sampel. Hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan rata-rata 77.64 berada dalam kualifikasi hasil belajar yang baik dan kelas kontrol dengan rata-rata 68,15 juga berada dalam kualifikasi hasil belajar yang baik. Berdasarkan hasil uji beda yaitu thitung = 2,0840 ≥ ttabel = 1,6748 terdapat perbedaan yang signifikan, dan memenuhi kriteria efektivitas pembelajaran dengan terpenuhinya tiga aspek pada pembelajaran matematika di kelas eksperimen, yaitu: aspek aktivitas siswa dengan angka keaktifan 2,5 termasuk kategori aktif, respon siswa positif karena ≥65% pada setiap poin pertanyaan dan ketuntasan hasil belajar klasikal sebesar 75,86%. Sehingga model pembelajaran Quick On The Draw efektif digunakan pada materi operasi hitung bentuk aljabar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 08 Jul 2015 13:24
Last Modified: 08 Jul 2015 13:24
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item View Item