EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Menggunakan Strategi Make A Match Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Assanusiah Kabupaten Tanah Laut tahun Pelajaran 2014/2015

Henderiyanor, Henderiyanor (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Menggunakan Strategi Make A Match Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Assanusiah Kabupaten Tanah Laut tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Image
Surat Pernyataan Keaslian Tulisaan.jpg

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (435kB) | Preview

ABSTRAK

Henderiyanor. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup Menggunakan Strategi Make A Match Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Assanusiah Kabupaten Tanah Laut tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Rusdiana Husaini, M.Ag. Kata Kunci: Hasilbelajar, strategi pembelajaran Make a Match Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas IV semester II pada MI Assanusiah untuk mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi pembelajaran Make a Match Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalh metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus penelitian.Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IVMI Assanusiahpada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 8 orang, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus III . Siklus I 57.69 %, siklus II sebesar 76.92 % dan siklus III92.30 %, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen aktivitas guru yang harus ditingkatkan seperti alokasi waktu yang tidak selalu tepat sesuai rencana, tidak melaksanakan pembelajaran sesuai tujuan yang diharapkan serta kurang menumbuhkan partisifasi aktif siswa, maka pada siklus II dan III komponen tersebut sudah dapat terlaksana dengan baik, hanya saja alokasi waktu masih belum tepat benar sesuai dengan yang direncanakan. (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I sebesar50,00% siklus II sebesar 75,00%, dan siklus III 89,29 %.(3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus III yaitu dari siklus I dengan rata-rata 5,75 meningkat menjadi 7,13 pada siklus II, danmeningkatlagipadasiklus III sebesar 8,38.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 21 Aug 2015 13:03
Last Modified: 21 Aug 2015 13:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item