EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Demonstrasi dan Drill Pada Siswa Kelas III MI Darul Ma’arif Pingaran Ulu Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar

Bawaihi, Bawaihi (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Demonstrasi dan Drill Pada Siswa Kelas III MI Darul Ma’arif Pingaran Ulu Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Pernyataan Keaslian Tulisan.jpg

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Bawaihi; 2014, Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyusun Paragraf Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Metode Demonstrasi dan Drill Pada Siswa Kelas III MI Darul Ma’arif Pingaran Ulu Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Alfian Khairani, M.Pd.I. Bahasa Indonesia adalah Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi negara Indonesia. Selain itu, Bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu Bangsa Indonesia, dimana seluruh warga Negara harus mampu berbahasa Indonesia dengan benar. Dalam dunia pendidikan, bahasa Indonesia merupakan salah satu aspek penting yang perlu diajarkan kepada para siswa di sekolah. Pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah mempunyai peranan penting dibandingkan dengan pelajaran yang lain. Tak heran apabila mata pelajaran ini kemudian diberikan sejak masih di bangku SD hingga lulus SMA. Rendahnya hasil belajar siswa kelas III MI Darul Ma’arif Pingaran Ulu diperkirakan penyebabnya adalah model pembelajaran yang selama ini diterapkan kurang memotivasi siswa untuk lebih aktif dan kreatif dalam mengikuti pelajaran. Salah satu alternatif untuk mengatasi permasalahan ini adalah penggunaan metode Pembelajaran Demonstrasi dan Drill. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswadengan menggunakanmetode Pembelajaran Demonstrasi dan Drill.. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIMI Darul Ma’arif Pingaran Ulu sebanyak 13siswa . Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas IIIMI Darul Ma’arif Tahun Pelajaran 2014/2015 padamateri menyusun paragraf. teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, tes dan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan persentase dan perhitungan skor pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dari kriteria cukup aktif menjadi aktif, aktivitas siswa dari kriteria cukuf aktif menjadi aktif, dan Hasil belajar siswa dari kriteria kurang aktif menjadi sangat baik setelah menggunakan metode pembbelajaran demonstrasi dan drill. Sehingga metode demonstrasi dan drill ini sangat efektif digunakan untuk pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ma’arif Pingaran Ulu Kecmatan Astambul.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 21 Aug 2015 13:03
Last Modified: 21 Aug 2015 13:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1517

Actions (login required)

View Item View Item