EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan dan Tanpa Menggunakan Alat Peraga Corong Berhitung Pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat di Kelas III SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Muhlisah, Muhlisah (2015) Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan dan Tanpa Menggunakan Alat Peraga Corong Berhitung Pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat di Kelas III SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (186kB) | Preview

ABSTRAK

Muhlisah. 2015. Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan dan Tanpa Menggunakan Alat Peraga Corong Berhitung Pada Materi Operasi Perkalian Bilangan Bulat di Kelas III SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Hasby Assidiqi, S.Pd., M.Si. Masih rendahnya kualitas hasil pembelajaran Matematika merupakan indikasi bahwa tujuan dalam kurikulum Matematika belum tercapai secara optimal. Hal ini juga dialami di SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin, karena pembelajaran berpusat pada guru. Akibatnya, aktivitas dan tingkat pemahaman siswa terhadap konsep/prinsip matematika yang diajarkan sangat rendah, khususnya pada materi perkalian. Oleh karena itu, diperlukan media konkret berupa alat peraga yaitu corong berhitung, yang dipandang sesuai untuk mata pelajaran matematika pada materi operasi perkalian kepada siswa.Alat peraga dalam pembelajaran diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian inibertujuanuntukmengetahuibagaimanahasilbelajarsiswadi kelas eksperimen yang diajar menggunakan alat peraga corong berhitung dan bagaimana hasil belajar siswa di kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan alat peraga corong berhitung serta perbandingan hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi operasi perkalian bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitianini adalah seluruh siswa kelasIII SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelasIII SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin dimana kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol. Materi yang diajarkan pada penelitian ini adalah operasi perkalian bilangan bulat. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai hasil belajar matematika sebelumnya dari wali kelas masing-masing. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata yaitu 82,17yang berada pada kualifikasi amat baik dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 70,48 yang berada pada kualifikasi baik. Dari nilai perhitungan uji beda maka H0 ditolak. Dan dari hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapatperbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswadi kelas eksperimen dengan dikelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa alat peraga corong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 21 Aug 2015 13:03
Last Modified: 21 Aug 2015 13:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1513

Actions (login required)

View Item View Item