EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Janntusshibyan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

Mahyuddin, Mahyuddin (2015) Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Janntusshibyan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (578kB) | Preview

ABSTRAK

Mahyudin. 2015. Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Media Gambar PadaSiswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Janntusshibyan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Hasbullah, S,Ag, M,H,I. Kata Kunci : PTK, Media Gambar, Kosakata Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru terhadap pembelajaran penguasaan kosakata bahasa arab dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V MI Jannatusshibyan secara efisien dan optimal, sehingga guru juga dapat meningkatkan aktivitas dan kemampuan siswa terhadap pembelajaran penguasaan Kosakata Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar. Penelitian inimerupakan penelitian yang menggunakanpendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Untuk itu direncanakan tindakan kelas dalam upaya meningkatkan penguasaan siswa tentang kosakata bahasa arab dengan pembelajaran menggunakan media gambar di kelas V MI Jannatusshibyan dilakukan dengan dua cara pengamatan, yaitu : (1) Pengamatan langsung yang dilakukan peneliti terhadap kegiatan pembelajaran kosakata melalui media gambar. (2) Pengamatan partipasi yang dilakukan oleh guru sejawat untuk mengamati kegiatan pembelajaran 2 x 35 menit selama dua siklus, siklus pertama dan siklus kedua sesuai tahapan-tahapan proses belajar mengajar di kelas. Subek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Jannatusshibyan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar tahun pelaaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 7 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah presentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bahwa pembelajaran kosakata bahasa arab melalui media gambar yang dilaksanakan dua siklus, dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V MI Jannatusshibyan dalam menguasai kosakata bahasa arab. Hal ini dapat dilihat dari beberapa faktor, yaitu: (a) Faktor guru, yaitu kegiatan guru dalam pembelajaran baik dengan persentase rata-rata siklus I dan siklus II 93,4%. (b) Faktor siswa, yaitu berupa aktivitas siswa, siswa aktif dan bergairah dalam pembelajaran dengan persentase rata-rata siklus I dan siklus II 91,3%. c) Hasil belajar siswa meningkat dari siklus I dan siklus II. Hal ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa siklus I nilai rata-rata dengan nilai yaitu 90,8 dan siswa siklus II 96,7. Dan untuk rata-rata nilai keseluruhan adalah 93,8, di atas indikator ketuntasan yang ditentukan. Dengan demikian terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil tes formatif dari siklus I ke siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 20 Aug 2015 07:15
Last Modified: 01 Nov 2016 01:04
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1507

Actions (login required)

View Item View Item