EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas V MI Darussalam Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut tahun Pelajaran 2014/2015

Tasriah, Tasriah (2015) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas V MI Darussalam Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (508kB) | Preview

ABSTRAK

Tasriah. 2015. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Strategi Make A Match Pada Siswa Kelas V MI Darussalam Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut tahun Pelajaran 2014/2015. Pembimbing : Drs. H. Aswan, M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan berbicara, strategi pembelajaran Make a Match Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas V semester II pada MI Darussalam Bati-Bati untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan strategi pembelajaran Make a Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darussalam Bati-Bati pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, berjumlah 24 orang, dengan komposisi laki-laki 11 siswa dan perempuan 13 siswa, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 79,31% dan siklus II menjadi 91,38%, sebesar peningkatannya terjadi sebesar 12,07%. Jika pada siklus I masih ada beberapa komponen aktivitas guru yang harus ditingkatkan seperti alokasi waktu yang tidak selalu tepat sesuai rencana, tidak melaksanakan pembelajaran sesuai tujuan yang diharapkan, maka pada siklus II komponen tersebut sudah dapat terlaksana dengan baik, hanya saja alokasi waktu masih belum tepat benar sesuai dengan yang direncanakan. (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 55,63% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 78,13%, peningkatannya sebesar 19,50% (3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu dari siklus I dengan rata-rata 7,04 meningkat menjadi 8,27 pada siklus II, peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 1,23.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 21 Aug 2015 13:02
Last Modified: 21 Aug 2015 13:02
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1500

Actions (login required)

View Item View Item