EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture and picture Pada Siswa Kelas IA MI Al Anshari Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Jiah, Jiah (2015) Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture and picture Pada Siswa Kelas IA MI Al Anshari Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
BAB I.docx

Download (37kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (198kB)

ABSTRAK

Jiah. 2015.Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Picture and picture Pada Siswa Kelas IA MI Al Anshari Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. M. Ramli AR. M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Menulis Permulaan, StategiPicture and picture Salah satu upaya meningkatkan kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah dapat dilakukan dengan menyajikan pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran, yang salah satunya adalah menggunakan strategiPicture and Picture. Rumusan masalah dalam penelitian adalah “Apakah dengan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran, dan dapat meningkatkan aktivitas siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis permulaan di kelas I pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Anshari Banjarmasin?” Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun setting penelitian adalah siswa kelas I MI AlAnshari Banjarmasin tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 25 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif melalui tekhnik pengukuran dengan tes tertulis secara individu, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru dalam pembelajaran dan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategipicture and pictureterbukti dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan padasiswa kelas 1 MI Al Anshari Banjarmasintahun 2014-2015. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru pada siklus 1 pertemuan I dengan persentase 63,6% dan pada pertemuan kedua 75% pada siklus 2 pertemuan I meningkat menjadi 76, 13% dan sampai pada pertemuan terakhir di siklus 2 meningkat menjadi 84,1%;aktivitas siswa pada siklus 1pertemuan I hanya dengan persentase 41,76% dan pada pertemuan kedua 57,28% pada siklus 2 pertemuan Imeningkat menjadi 66,88% dan sampai pada pertemuan terakhir di siklus 2 meningkat menjadi 77,12%; Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus 1 pertemunan I adalah 4,6 dengan kategori belum tuntas, pada pertemuan kedua adalah 5,4 dikategorikan belum tuntas.Sedangkan pada siklus 2 pertemuan I adalah 6,3 dengan kategorikan belum tuntas dan pada pertemun terakhir adalah 7,2 dikategorikan tuntas;

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 21 Aug 2015 13:02
Last Modified: 21 Aug 2015 13:02
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1497

Actions (login required)

View Item View Item