EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf-Huruf Hijaiyah Dengan Metode Iqra’ Pada Siswa kelas I MI An Nuriyah I Kelayan Luar Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin

Rusmiana, Abd. Sani (2015) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf-Huruf Hijaiyah Dengan Metode Iqra’ Pada Siswa kelas I MI An Nuriyah I Kelayan Luar Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV,.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Image
007.jpg

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Rusmiana. 2015. Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Huruf-Huruf Hijaiyah Dengan Metode Iqra’ Pada Siswa kelas I MI An Nuriyah I Kelayan Luar Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, fakultas tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Dr. Hj. Romdiyah, M.Pd. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Metode Iqra’ Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta kemampuan membaca permulaan siswa kelas I semester II pada MI An Nuriyyah I untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan metode iqra’. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MI An Nuriyyah I Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, berjumlah 12 orang,, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II, peningkatan tersebut dari pertemuan pertama siklus I ke pertemuan kedua siklus I terjadi peningkatan sebesar 15%, pertemuan kedua siklus I ke pertemuan pertama siklus II sebesar 5% dan dari pertemuan pertama siklus II ke pertemuan kedua siklus II terjadi peningkatan sebesar 5%. (2) Sedangkan aktivitas guru juga terjadi peningkatan dari siklus I sampai siklus II, peningkatan tersebut dari pertemuan pertama siklus I ke pertemuan kedua siklus I terjadi peningkatan sebesar 11,54%, dari pertemuan kedua siklus I ke pertemuan pertama siklus II meningkat sebesar 7,69% dan dari pertemuan pertama siklus II ke pertemuan kedua siklus II meningkat sebesar 3,85%. (3) Kemampuan membaca permulaan juga meningkat dengan nilai rata-rata yang meningkat dari siklus I sampai siklus II. Peningkatannya terjadi dari pertemuan pertama siklus I ke pertemuan kedua siklus I sebesar 33,33% dengan nilai rata-rata 2,38. Pertemuan kedua siklus I ke pertemuan pertama siklus II terjadi peningkatan sebesar 5% dengan nilai rata-rata 2,84 dan dari pertemuan pertama siklus II ke pertemuan kedua siklus II terjadi peningkatan sebesar 28,35% dengan nilai rata-rata sebesar 2,91.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 21 Aug 2015 13:02
Last Modified: 21 Aug 2015 13:02
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1490

Actions (login required)

View Item View Item