EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PERBANDINGAN ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN BUNTOK KABUPATEN BARITO SELATAN

Seri, Mulyani (2015) PERBANDINGAN ANTARA STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MAN BUNTOK KABUPATEN BARITO SELATAN. Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (890kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa di MAN Buntok Kabupaten Barito Selatan penerapan strategi pembelajaran hampir tidak pernah dilaksanakan sehingga para siswa banyak yang kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan guru padahal banyak sekali strategi pembelajaran yang bisa diterapkan guru untuk menghilangkan kejenuhan para siswa dalam mengikuti pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana perbandingan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan media pembelajaran modul. Dari kedua strategi yaitu strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan media pembelajaran modul yang lebih bisa meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MAN Buntok Kabupaten Barito Selatan. Lokasi penelitian ini berada di Kabupaten Barito Selatan dan subjek penelitian adalah siswa MAN Buntok Kabupaten Barito Selatan kelas X.1, X.2. sedangkan objek penelitian adalah bagaimana cara guru menerapkan strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan media pebelajaran modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan data yang digali dari responden dan informen dengan menggunakan teknik pretes dan postes serta observasi dan dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan peningkatan prestasi yang signifikan terhadap perlakuan dengan menggunakan strategi pembelajaran koperatif jigsaw dan perlakuan menggunakan media pembelajaran modul. Namun kedua strategi ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 07 Jul 2015 02:05
Last Modified: 08 Jul 2015 13:24
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item