EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Fikih pada Siswa MTs (Studi Pada Siswa MTsN 1 Pelaihari, MTsS Darul amanah Bati-Bati dan MTs Ath-Thohiriyah Panyipatan di Kabupaten Tanah Laut)

Fadillah, Hasmi (2015) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Fikih pada Siswa MTs (Studi Pada Siswa MTsN 1 Pelaihari, MTsS Darul amanah Bati-Bati dan MTs Ath-Thohiriyah Panyipatan di Kabupaten Tanah Laut). Tesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
BAB IV a_MTsN 1 PLH.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV b_MTsS Darul Amanah.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV c_MTs Ath Thohiriyah.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (889kB) | Preview
[img] Text
BAB I.docx

Download (56kB)

ABSTRAK

Hasmi Fadillah: Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Fikih pada Siswa MTs (Studi Pada Siswa MTsN 1 Pelaihari, MTsS Darul amanah Bati-Bati dan MTs Ath-Thohiriyah Panyipatan di Kabupaten Tanah Laut), Tesis, pada Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, di bawah bimbingan (1) Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M. Ag dan (2) Dr. Hj. Romdiyah, M.Pd, 2015. Kata Kunci: pengaruh, media, motivasi, danFikih Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Fikih. Penelitian ini dilakukan pada tiga Madrasah Tsanawiyah, yaitu MTsN 1 pelaihari, MTsS Darul Amanah Bati-Bati dan MTs Ath-Thohiriyah Panyipatan di Kabupaten Tanah laut. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebarankuesioner dan dilaksanakan pada tiga Madrasah dengan jumlah populasi 1086 siswa. Teknik sampling menggunakan proportionate statified rondom sampling. teknik pengujian data yangdigunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dengan analisis faktor, ujireliabilitas dengan Alpha Cronbach. Uji asumsi klasik dan analisis regresi linerberganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Analisis data pada penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 22.Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berpengaruh positifterhadap prestasi belajar Fikih siswa. Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dan interaksi penggunaan media pembelajaran dsan motivasi berpengaruh positif terhadap prestasi belajar Fikih siswa. Pada MTsN 1 Pelaihari,secara simultan penggunaan media pembelajara dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil uji F Fhitung = 21,638> sig 0,000. Sedangkan secara parsial, penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dengan hasil uji thitung = 2,187 > sig 0,033 dan motivasi belajar berpengaruh positif dengan hasil uji thitung = 4,912 > sig 0,000. MTsS Darul Amanah, secara simultan penggunaan media pembelajara dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil uji F Fhitung = 5,486> sig 0,022. Sedangkan secara parsial, penggunaan media pembelajaran tidak berpengaruh positif dengan hasil uji thitung = 0,252< sig 0,806 dan motivasi belajar berpengaruh positif dengan hasil uji thitung = 2,420> sig 0,034. MTs Ath Thohiriyah, secara simultan penggunaan media pembelajara dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil uji F Fhitung = 10,067>sig 0,003. Sedangkan secara parsial, penggunaan media pembelajaran berpengaruh positif dengan hasil uji thitung = 2,707> sig 0,019 dan motivasi belajar berpengaruh positif dengan hasil uji thitung = 0,661> sig 0,521.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 20 Aug 2015 05:06
Last Modified: 20 Aug 2015 05:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1482

Actions (login required)

View Item View Item