EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Genius Learning pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Mawardah, Mawardah (2015) Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Genius Learning pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (615kB) | Preview

ABSTRAK

Mawardah. 2015. Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Genius Learning pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 23 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dr. M. Sabirin, S.Pd., M.Si. Penelitian ini bertolak dari latar belakang rendahnya kemampuan dalam membuat koneksi matematis. Oleh karena itu, diperlukan kegiatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan koneksi matematis siswa yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran genius learning. Strategi ini mampu membuat proses pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan memiliki kesesuaian karakter dengan pembelajaran yang ingin mengangkat kemampuan koneksi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa di kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran genius learning dan bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa di kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran genius learning serta perbandingan kemampuan koneksi matematis siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran genius learning dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dengan tanpa strategi pembelajaran genius learning. Materi yang diajarkan adalah luas permukaan dan volume pada kubus dan balok. Data kemampuan awal siswa diambil dari nilai Ujian Tengah Semester (UTS) dan nilai tes akhir sebagai data penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; kemampuan koneksi matematis siswa di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata yaitu 65,39 berada pada kategori baik; kemampuan koneksi matematis siswa di kelas kontrol dengan nilai rata-rata yaitu 62,11 berada pada kategori cukup; tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis siswa di kelas eksperimen dengan kemampuan koneksi matematis siswa di kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:11
Last Modified: 20 Aug 2015 02:11
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1477

Actions (login required)

View Item View Item