EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Eksperimentasi Pendekatan Pemecahan Masalah Polya dalam Metode Diskusi Kelompok pada Soal Cerita ditinjau dari Kemampuan Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2014/2015

Astuti, Fitri (2015) Eksperimentasi Pendekatan Pemecahan Masalah Polya dalam Metode Diskusi Kelompok pada Soal Cerita ditinjau dari Kemampuan Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (283kB) | Preview

ABSTRAK

Fitri Astuti. 2015.: Eksperimentasi Pendekatan Pemecahan Masalah Polya dalam Metode Diskusi Kelompok pada Soal Cerita ditinjau dari Kemampuan Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kertak Hanyar Kabupaten Banjar Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Analisa Fitria, S.Pd., M.Si. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar matematika meliputi, kemampuan awal, metode, guru, siswa, kurikulum, kreativitas, dll. Langkah Polya efektif untuk menyelesaikan soal cerita. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui prestasi belajar dengan menggunakan pendekatan langkah Polya dipadukan dalammetode diskusi kelompok untuk mengetahui prestasi belajardengan menggunakan metode pembelajaran konvensional, untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang antara pembelajaran menggunakan pendekatan langkah Polya dipadukan dengan diskusi kelompok dan pembelajaran dengan metode konvensional, untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar , untuk mengetahui interaksi antara metode mengajar dan kemampuan awal terhadapprestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 3 Kertak Hanyar. Pengambilan sampel dilakukan secara teknik purposive sampling kelas yang digunakan adalah 2 kelas, kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Teknik analisi data menggunakan Uji t dan Anava Dua Jalur. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Prestasi belajar siswa di kelas eksperimen melalui pembelajaran langkah Polya dalam metode diskusi kelompok sebesar 66,42, berada pada kategori cukup, Prestasi belajar siswa di kelas kontrol melalui konvensional sebesar 66,13, berada pada kategori cukup, Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa di kelas eksperimen yang diajar dengan pembelajaran langkah Polya dalam metode diskusi kelompok dengan hasil belajar siswa di kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran konvensional, Metode pembelajaran tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar Kemampuan awal siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Prestasi belajar, Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 20 Aug 2015 02:05
Last Modified: 20 Aug 2015 02:05
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1474

Actions (login required)

View Item View Item