EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Melalui Model Pembelajaran NHT (Number Heads Together) di Kelas V MI At-Thayyibah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar

Ferry, Padli (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Melalui Model Pembelajaran NHT (Number Heads Together) di Kelas V MI At-Thayyibah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (933kB) | Preview

ABSTRAK

Ferry Padli. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Melalui Model Pembelajaran NHT (Number Heads Together) di Kelas V MI At-Thayyibah Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Skripsi,Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Siti Shalihah,S.Pd.MS Kata kunci: Hasil belajar, pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester II pada MI At-Thayyibah untuk mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas empat kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI At-Thayyibah pada semester genap tahun ajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 15 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) hasil belajar siswa secara individual mengalami peningkatan sebesar 60 % (akhir siklus 1)dengan rata-rata nilai/skor kuis 62menjadi 93,33 % (akhir siklus 2) dengan rata-rata nilai/skor kuis 81,33 diatas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan yaitu 60; (2) aktivitas siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan yaitu mengerjakan soal tepat waktu dan ketertiban siswa dalam menyelesaikan soal, maka pada siklus II kedua komponen tersebut (mengerjakan soal tepat waktu dan ketertiban saat menyelesaikan soal) sudah bagus dilaksanakan siswa dalam kelompoknya; (3) aktifitas guru meningkat dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I pertemuan I dengan persentasi 70 %,siklus I pertemuan II dengan persentsi 83,33 %, pada siklus II pertemuan I dengan persentasi 85 %, dan pada sikulus II pertemuan II dengan persentasi 88,33 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 20 Aug 2015 05:06
Last Modified: 20 Aug 2015 05:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1465

Actions (login required)

View Item View Item