EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Tahap Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Latihan Iqro’ Siswa Kelas I MI Al-Anshari Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015

Winarti, Winarti (2015) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Tahap Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Latihan Iqro’ Siswa Kelas I MI Al-Anshari Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (264kB) | Preview

ABSTRAK

Winarti. 2015. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Tahap Permulaan Dengan Menggunakan Media Kartu Latihan Iqro’ Siswa Kelas I MI Al-Anshari Banjarmasin Tahun Pelajaran 2014/2015.. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Drs. H. Syarifuddin Sy., M.Ag. Kata Kunci: Kemampuan membaca permulaan, media kartu latihan Iqro’ Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa, aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa kelas I semester II pada MI Al Anshari Banjarmasin untuk mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dengan menggunakan media kartu bilangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I MI Al Anshari Banjarmasin pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, dengan jumlah siswa 27 orang, pengumpulan data dalam penelitian ini adalah diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus 1 sampai siklus II sebesar 73,33% menjadi 90,00%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen aktivitas guru yang harus ditingkatkan seperti alokasi waktu yang tidak selalu tepat sesuai rencana, tidak melaksanakan pembelajaran sesuai tujuan yang diharapkan serta kurang menumbuhkan partisifasi aktif siswa, maka pada siklus II komponen tersebut sudah dapat terlaksana dengan baik, hanya saja alokasi waktu masih belum tepat benar sesuai dengan yang direncanakan. (2) Observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II sebesar 62,50% pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 80,00%, (3) Peningkatan hasil belajar juga terjadi dari siklus I sampai siklus II yaitu dari siklus I dengan rata-rata 70,18 meningkat menjadi 78,79 pada siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 20 Aug 2015 05:05
Last Modified: 20 Aug 2015 05:05
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item View Item