EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Strategik Sekolah (Studi SMA Negeri 1 dan MAN 5 Martapura di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar)

Norjannah, Norjannah (2015) Manajemen Strategik Sekolah (Studi SMA Negeri 1 dan MAN 5 Martapura di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar). Tesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (131kB) | Preview

ABSTRAK

Hj.Norjanah. Manajemen Strategik Sekolah (Studi SMA Negeri 1 dan MAN 5 Martapura di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar). Di bawah bimbingan (I) Dr. H. Husnul Yaqin, M.Ed, dan (II) Dr. Juhaidi, M.Pd. Tesis, pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2013 Kata Kunci: Manajemen Strategik Sekolah, SMA Negeri 1 Aluh-Aluh, MAN 5 Martapura Untuk melakukan peningkatan sumber daya manusia secara kontinyu, di sekolah/madrasah program-program unggulan perlu diupayakan untuk meningkatkan sekolah/madrasah tersebut, terutama dalam hal pembelajaran. Untuk itu inovasi-inovasi terbaru terus selalu direncanakan dan dilaksanakan agar sekolah dapat berkembang dan memiliki kelebihan tersendiri dari sekolah lain. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melihat/memperhatikan manajemen strategik yang dilakukan pada sekolah/madrasah tersebut. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Aluh-Aluh dan MAN 5 Martapura, Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Penelitian dilakukan dalam jangka waktu 2 bulan yang berlangsung mulai sampai Maret bulan Mei 2015. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui (1) Analisis Strategik di SMA Negeri 1 Aluh-Aluh dan MAN 5 Martapura di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, (2) Penyusunan Tujuan Strategik di SMA Negeri 1 Aluh-Aluh dan MAN 5 Martapura di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, (3) Implementasi Strategik di SMA Negeri 1 Aluh-Aluh dan MAN 5 Martapura di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, (4) Proses Evaluasi Program Sekolah dalam Mengelola Sekolah di SMA Negeri 1 Aluh-Aluh dan MAN 5 Martapura di Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang diarahkan pada latar dan individu tersebut secara holistic (utuh). Data yang dikumpulkan harus dapat menggambarkan atau melukiskan objek yang diteliti sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Sumber data yang yang didapat dari nara sumber, peristiwa,dokumen/arsip, dan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dokumentasi. Temuan hasil penelitian ini adalah (1) Penyusunan analisis strategik dari SMA Negeri 1 Aluh-Aluh dan MAN 5 Martapura berupaya untuk terus melakukan perkembangan dan menjaga kerjasama yang baik dengan lingkungan internal maupun lingkungan eksternal, agar dapat memenuhi kebutuhan pengguna jasa pendidikan. Di samping itu juga untuk menunjang profesional guru sehingga dapat memberikan layanan yang terbaik hasil siswa/siswinya serta sekolah sebagai wadah menyalurkan bakat dan minatnya. (2) Penyusunan Tujuan Strategik berupaya untuk pengembangan kreatifitas guru khususnya dalam penggunaan IT agar dapat mengelola informasi secara cepat dan akurat untuk meningkatkan pembelajaram serta mengembangkan visi dan misi sekolah untuk terus mengembangkan inovasi-inovasi baru dalam kegiatan sekolah. (3) Implementasi Strategik berupaya penerapan kegiatan yang direncanakan baik dari aspek akademik maupun nonakademik dari beberapa program/kebijakan yang sudah ditetapkan secara bersama-sama dengan menelaah kekuatan, kelemahan, peluang serta tantangan yang dihadapi dalam mencapai tujuan sekolah yang diharapkan. (4) Evaluasi dan perbaikan berupaya melakukan pengukuran kinerja sekolah yang telah dilaksanakan secara bertahap, untuk mengetahui program yang telah dilaksanakan dalam perencanaan strategik, agar melaksanakan pengembangan evaluasi secara maksimal dengan melakukan situasional kolektif partisipatif (pengambilan keputusan secara bersama-sama). supaya nantinya dapat dilakukan perbaikan secara berkesinambungan dan bersama-sama untuk hasil program yang lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 20 Aug 2015 05:05
Last Modified: 20 Aug 2015 05:05
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item