EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VI MIN Awang Baru Hulu Sungai Tengah

Bahruni, Bahruni (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VI MIN Awang Baru Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (242kB) | Preview

ABSTRAK

Bahruni. 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VI MIN Awang Baru Hulu Sungai Tengah.Skripsi, Pendidikan Matematika. Pembimbing : (I) Dra. Hj. Sessy Rewety Revila, M.M.Pd (II) Analisa Fitria, M.Si. Kata kunci :Operasi Hitung, Campuran, Bilangan Bulat, Jigsaw. Penelitian ini mengambil lokasi pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Awang Baru Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dengan perumusan masalah Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI MIN Awang Baru pada pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat.Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipeJigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VI MIN Awang Baru pada pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat denga nmenggunakan model pembelajaran kooperatiftipe Jigsaw dan Meningkatkan aktivitas siswa kelas VI MIN Awang Baru pada pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Adapun hipotesis tindakan yang dikemukakan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut :Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas VI MIN Awang Baru pada pembelajaran operasi hitung campuran bilangan bulat. PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasVI pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Awang Baru Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang berjumlah20orangsiswa pada tahunpelajaran 2010/2011. Teknik yang digunakanuntukmenggali data dalampenelitianiniadalahobservasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi yang relevan sesuaidenganmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawyang dilaksanakan. Tindakan yang dilaksanakanadalahmenerapkanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsawdalampembelajaranmatematikadalamrangkaMeningkatkanhasilbelajarsiswa pada pembelajaranoperasihitungcampuranbilanganbulatdenganmenggunakanmodelpembelajarankooperatiftipeJigsaw dan Meningkatkanaktivitassiswakelas VI MIN Awang Baru. Darihasildaripenerapanmodelpembelajarantersebutkemudianternyatadapatmeningkatkanaktivitassiswa rata-rata nilai siklus I88,00 meningkat menjadi 96,00 pada siklus II dan dapat meningkatkan hasil belajar yang rata-ratanya pada siklus I 70,25 dan meningkat menjadi 85,50 pada siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Zulkifli Ariyadi
Date Deposited: 20 Aug 2015 05:04
Last Modified: 20 Aug 2015 05:04
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1450

Actions (login required)

View Item View Item