EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Aktivitas Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pendidikan Bermutu (Studi Pada MTs Negeri Mulawarman dan SMP Negeri 6 Banjarmasin)

H. M., Syahril (2015) Aktivitas Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pendidikan Bermutu (Studi Pada MTs Negeri Mulawarman dan SMP Negeri 6 Banjarmasin). Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (249kB) | Preview

ABSTRAK

H. M. Syahril, Aktivitas Manajerial Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pendidikan Bermutu (Studi Pada MTs Negeri Mulawarman dan SMP Negeri 6 Banjarmasin),Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin di bawah bimbingan: (I) Dr.H. Husnul Yaqin, M. Ed dan (II) Dr. Ahmad Salabi, S. Ag. M. Pd. 2015 Kata Kunci: Aktivitas Manajerial, Kepala Sekolah, Pengelolaan Pendidikan, Bermutu. Mengelola pendidikan yang bermutu, berbagai upaya dilakukan Pemerintah, diantaranya adalah dengan diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah harus memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S1) atau (D4) kependidikan atau non kependidikan pada perguruan tinggi yang terakreditasi dan memiliki pengalaman mengajar sekurang-kurangnya lima tahun serta memiliki sertifikat sebagai kepala sekolah/madrasah. Untuk membangun dan mengelola sekolah yang diminati masyarakat. Salah satu penentu utamanya adalah kepala sekolah/madrasah yang handal, kinerja yang bagus ke arah keberhasilan dalam mengelola suatu lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas manajerial kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan bermutu (Studi Pada MTsN Mulawarman dan SMPN 6 Banjarmasin) Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Pengumpulan data dilakukan peneliti sendiri sebagai key instrument, sedangkan untuk sumber data adalah manusia sebagai informan dan dokumen yang relevan dengan fokus penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara; (1) wawancara mendalam; (2) observasi (3) studi dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan teknik deskriptif penerapannya dilakukan tiga alur kegiatan: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengetahui keabsahan data, dilakukan dengan berbagai teknik, yaitu (1) kredibilitas (2) triangulasi (2) depentabilitas (3) konfirmabilitas pengecekan (4) transfersabilitas. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas manajerial kepala sekolah dalam pengelolaan pendidikan bermutu studi pada MTsN Mulawarman meliputi; (a) kurikulum dan pengajaran. (b) tenaga kependidikan, meliputi; keadaan guru dan staf/karyawan, menentukan struktur organisasi madrasah, pelatihan peningkatan mutu guru, program belajar S2, memberikan penghargaan, membentuk rumpun MGMP. (c) Kesiswaan, meliputi; meningkatkan proses belajar mengajar yang bermutu, melakukan pelayanan BK siswa,studi class, proses penerimaan siswa baru, melakukan les, uji coba ujian nasional dan kegiatan ekstrakurikuler.(d) dana pendidikan. (e) sarana dan prasarana. (f) hubungan kerjasama dengan masyarakat. (g) Layanan khusus, meliputi; perpustakaan, UKS, laboratorium, komputer, keamanan, BK, kantin, koperasi dan musholla. Sedangkan SMPN 6 Banjarmasin adalah; (a) Kurikulum dan program pengajaran (b) Tenaga kependidikan (c) Kesiswaan, meliputi; meningkatkan proses belajar mengajar yang bermutu, program akselerasi, melakukan pelayanan BK siswa, kegiatan ekstrakurikuler (d) Dana pendidikan (e) Sarana prasarana (f Hubungan kerjasama dengan masyarakat (g) Layanan khusus, meliputi; perpustakaan, UKS, keamanan sekolah, ruang belajar, kantin, lab, komputer, BK, serba guna dan musholla.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 20 Aug 2015 05:03
Last Modified: 20 Aug 2015 05:03
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/1445

Actions (login required)

View Item View Item